Comscore Tracker

Tagar Mbak Puan Maharani Trending, Ada Apa?

Ketua DPR RI kecam keras serangan ke Palestina

Jakarta, IDN Times - Nama Ketua DPR RI Puan Maharani mendadak trending di media sosial Twitter. Aksinya yang mengecam keras serangan Israel kepada warga sipil Palestina di Jalur Gaza menuai beragam komentar dari warganet.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Senin (17/5/2021) pukul 20.55 WIB, tagar #Mbak Puan Maharani melambung hingga 1.196 tweet.

Baca Juga: ICMI: Agresi Israel ke Palestina Bukan Isu Agama

1. Tuai beragam komentar dari netizen

Tagar Mbak Puan Maharani Trending, Ada Apa?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sejumlah netizen mendukung aksi Puan Maharani yang mengecam serangan Israel ke Palestina.

"Mantap bu puan yang Mendesak masyarakat internasional dan PBB untuk meredakan ketegangan dan membantu warga Palestina yang menjadi korban di wilayah pendudukan Palestina," cuit akun @w*nd*hid.

Namun ada juga yang meminta Puan fokus pada permasalahan dalam negeri, seperti yang dicuitkan salah satu akun berikut ini.

"Baiknya Mbak Puan Maharani yg menjabat Ketua DPR RI yg dipilih oleh Rakyat Indonesia , lebih fokus dalam negeri terlebih dahulu. Banyak juga pemilih para DPR RI ini yg tahun ini akan ikut seleksi CPNS 2021. Kemanuasiaan Akan Mulia jika di tempatkan di tempat yg semestinya" akun@dhy**s***.

Meski demikian, ada juga yang mengaitkan dengan korban pembunuhan di Poso.

"Kpd Yth Ketua @DPR_RI
Mbak Puan Maharani Dari partai
@PDI_Perjuangan saya mau tanya sudah kah mbak Puan serukan bantuan kemanusiaan untuk korban pembunuhan keji di Poso ?" cuit akun @ka***ha**.

2. Ketua DPR RI Puan Maharani mengecam keras serangan Israel

Tagar Mbak Puan Maharani Trending, Ada Apa?Anak Palestina menarik gerobak yang ditumpangi saudaranya saat mengungsi dari konflik bersenjata Israel dan milisi Palestina di Jalur Gaza, Palestina, Jumat (14/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Salem/foc.)

Perlu diketahui, Ketua DPR RI Puan Maharani sempat mengecam keras serangan Israel kepada warga sipil Palestina di Jalur Gaza, yang mengakibatkan puluhan orang dilaporkan meninggal dunia dan ratusan lainnya luka-luka.

"Kami mengecam serangan yang dilakukan saat warga Palestina melakukan ibadah Bulan Suci Ramadan dan juga saat perayaan Hari Raya Idul Fitri, sehingga mengganggu rangkaian ibadah umat Muslim Palestina," kata Puan dikutip dari ANTARA, Senin (17/5/2021).

3. Puan serukan semua pihak hentikan serangan Israel kepada Palestina

Tagar Mbak Puan Maharani Trending, Ada Apa?Perdana Menteri Palestina, Mohammad Shtayyeh, yang terus mengupayakan segala cara diplomatik guna mencari kedamaian bagi Palestina. twitter.com/PalestinePMO

Puan mengajak semua pihak menyerukan penghentian serangan Israel kepada Palestina. Terlebih, menurut dia, karena serangan Israel pada Palestina dilakukan pada saat bulan suci Ramadan, suasana Idul Fitri, dan di tengah pandemik COVID-19.

"Hentikan serangan Israel pada Palestina dan kita serukan memberi bantuan kepada rakyat Palestina, termasuk prioritas bantuan vaksin COVID-19 dan berbagai alat kesehatan," ujarnya.

Puan menyampaikan tragedi kemanusiaan tersebut harus menjadi momentum untuk memulai kembali proses perdamaian yang komprehensif dan inklusif, sesuai  hukum internasional, resolusi PBB, dan parameter, serta konsensus internasional.

Mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan tersebut, juga mendorong pemerintah Indonesia terus melanjutkan peran aktifnya dalam menghentikan serangan Israel, dan memberi bantuan kemanusiaan kepada rakyat Palestina.

Ia juga mendesak masyarakat internasional dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meredakan ketegangan dan membantu warga Palestina yang menjadi korban.

Baca Juga: Deretan Pernyataan Keras Jokowi Mengutuk Serangan Israel ke Palestina

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya