Tangis Gubernur Riau untuk Dokter Muda yang Meninggal karena COVID-19

Dokter Oki Alfin jadi dokter pertama yang meninggal di Riau

Jakarta, IDN Times - Air mata Gubernur Riau Syamsuar tidak terbendung lagi ketika melepas jenazah dr Oki Alfin, yang meninggal dunia akibat terpapar COVID1-19.

Suara Syamsuar terdengar serak dan terbata-bata saat berbicara. Air matanya menetes membasahi pipinya. Kesedihan mendalam terlihat di raut wajahnya.

"Innailillahi wa inna ilaihi rajiuun, telah berpulang ke rahmatullah rekan kita, sejawat kita, salah seorang pahlawan kemanusiaan dari dokter," ucap Syamsuar dilansir dari ANTARA, Senin (14/9/2020).

1. Dua tenaga kesehatan meninggal dunia

Tangis  Gubernur Riau untuk Dokter Muda yang Meninggal karena COVID-19Ilustrasi. Seorang tenaga medis memakai pita hitam sebagai bentuk duka cita atas meninggalnya perawat RSVP dr Kariadi. Dok PPNI Jateng

Syamsuar mengungkapkan dalam sepekan terakhir sudah dua tenaga kesehatan meninggal dunia akibat virus corona jenis baru itu. Selain dokter Oki, sebelumnya pada 8 September 2020 ada perawat usia 50 tahun, Riani.

Kedua tenaga medis itu wafat setelah tertular COVID-19 dari pasien yang mereka rawat sebelumnya. Dokter Oki tertular saat merawat pasien positif COVID-19 di Puskesmas Gunung Sahilan I, Kabupaten Kampar, sementara perawat Riani diduga kuat juga tertular dari pasien yang dia tangani sebelumnya.

"Jika kita menangis hari ini, biarlah ini jadi air mata terakhir, biar ini jadi tenaga medis terakhir yang harus berkorban untuk kita. Berhentilah abai, berhentilah tidak peduli. Jangan biarkan tenaga medis kita putus asa dalam sepinya ruang isolasi, merawat yang sakit. Hanya kita yang bisa mengubah ini semua, hanya kita," tulis Syamsuar dalam akun Instagram pribadinya.

Baca Juga: IDI: 4 Dokter Meninggal dalam Sehari karena COVID-19

2. Dr Oki Alfin bertugas di Puskesmas Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar

Tangis  Gubernur Riau untuk Dokter Muda yang Meninggal karena COVID-19Ilustrasi tenaga medis mengenakan APD. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Menurut Syamsuar, Provinsi Riau kehilangan seorang dokter muda yang berdedikasi tinggi pada profesi dan selama ini dikenal sebagai pekerja keras, yakni dr Oki Alfin, yang bertugas di Puskesmas Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar.

"Hari ini almarhum meninggalkan kita semua setelah dirawat sebagai pasien COVID-19. Beliau menjadi dokter pertama yang meninggal dunia karena corona di provinsi ini," kata mantan Bupati Siak ini.

Syamsuar juga mengenal orang tua almarhum karena ayah dokter Oki lama bekerja di Kabupaten Siak sebagai Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit pada Dinas Kesehatan Siak. Inilah yang membuatnya bertambah sesak.

"Saya dapat merasakan betul kedukaan keluarga, semoga keluarga diberi ketabahan dan kekuatan atas musibah ini. Tadi saya ikut menyalatkan dan melepas jenazah dengan protokol COVID-19," tulis dia.

3. Istri almarhum dr Oki positif COVID-19

Tangis  Gubernur Riau untuk Dokter Muda yang Meninggal karena COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Yang lebih menyedihkan, istri alrmarhum dokter Oki saat ini juga masih berjuang melawan ganasnya virus corona.

"Mari kita doakan, semoga istri almarhum diberi kesembuhan karena dia juga memiliki seorang anak yang masih bayi," kata Syamsuar.

Untuk mengenang suaminya, istri dr Oki, Suci Oktari di akun Instagramnya menuliskan, "Suamiku hebat, suamiku kuat, masyaAllah sayaang, banyak yang doakan abang. Banyak yg nyalatkan abang. Banyak yg antarkan abang, padahal mereka tahu abang positif. Karena apa? Banyak yang sayang abang. Abang orang yang baik. InsyaAllah abang meninggal dalam syahid dan husnul khotimah. Amiin".

"Untuk semua teman-teman, makasih doanya, semoga semua doa kita dikabulkan oleh Allah . Insyallah saya ikhlas," lanjut Suci.

Ribuan orang menanggapinya dan menguatkannya dengan doa-doa yang bisa memberikan energi positif untuk kehidupan Suci selanjutnya.

4. Anak almarhum negatif COVID-19

Tangis  Gubernur Riau untuk Dokter Muda yang Meninggal karena COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sementara, anak dokter Oki yang sebenarnya masih dalam proses menyusui terpaksa disapih, karena ibunya juga terpapar COVID-19.

Lagi-lagi, Suci Oktari tetap bersyukur buah hatinya tidak rewel karena banyak orang yang peduli dengannya.

"Masyallah anakku negatif, itu jugaa hadiah dan nikmat terbesar yg diberikan oleh Allah," tulis Suci.

Baca Juga: Viral, Kisah Pilu Dokter Muda di Riau Meninggal Akibat COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya