Tempel Stiker Bansos di Rumah Warga, Pemkot Bekasi Diapresiasi Mensos

Bansos dari Kemensos di Bekasi sebanyak 139.000 paket

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial Juliari P Batubara, mengapresiasi langkah Pemkot Bekasi menempelkan stiker di rumah keluarga penerima yang sudah menerima bansos sembako bantuan Presiden.

“Saya hadir menyaksikan penyaluran bansos sembako bantuan Presiden, sekaligus mengapresiasi Pemkot Bekasi yang menempelkan stiker di rumah keluarga penerima bansos, dan itu patut ditiru di tempat lain,” ujar Mensos melalui pesan tertulis, Senin (11/5).

1. Pemkot Bekasi mengalokasikan sebanyak 75.000 paket sembako

Tempel Stiker Bansos di Rumah Warga, Pemkot Bekasi Diapresiasi MensosKemensos menyalurkan bansos untuk warga terdampak COVID-19 (Dok. Kemensos)

Di RW 23, Kelurahan Kayuringin Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, terdapat 332 penerima paket bansos sembako dan di Kompleks Jaka Kencana, RW 04 Kelurahan Jakasetia, Kecamatan Bekasi Selatan, tercatat jumlah penerima bansos sembako terdapat 765 Kepala Keluarga (KK).

Secara keseluruhan, Pemkot Bekasi mengalokasikan sebanyak 75.000 paket sembako. Sedangkan bansos sembako bantuan Presiden melalui Kementerian Sosial untuk Pemkot Bekasi sebanyak 139.000 paket.

Baca Juga: Corona Tertinggi, Ridwan Kamil Minta Pemkot Bekasi Sontek Cara Jakarta

2. Salurkan bansos sembako, Kemensos mengacu data dari pemerintah daerah

Tempel Stiker Bansos di Rumah Warga, Pemkot Bekasi Diapresiasi MensosKemensos Libatkan Elemen Bangsa, Gotong Royong Salurkan Bansos Sembako Presiden Bagi Warga DKI (Dok. Kemensos)

Mensos Juliari mengatakan dalam penyaluran bansos sembako, Kemensos mengacu kepada data penerima dari pemerintah daerah dan Kemensos tidak turun untuk melalukan pendataan.

“Nanti bisa tumpang-tindih dengan daerah. Selain itu, pemda yang paling tahu kondisi warganya, data itu full kami diterima dari daerah,” katanya.

3. Proses pembaharuan data masih berjalan

Tempel Stiker Bansos di Rumah Warga, Pemkot Bekasi Diapresiasi MensosVerifikasi calon penerima bansos tunai dari dana desa berdasarkan DTKS. IDN Times/Daruwaskita

Terkait masih ditemukannya ketidakcocokan data penerima bansos, Mensos meminta masyarakat untuk tidak terlalu berpolemik.

“Proses pembaruan data terus dilakukan, lagipula datanya banyak. Data penerima bansos sembako bantuan Presiden untuk Kabupaten Bogor, Kota Tangerang, Tangsel, Depok, dan Bekasi (Bodetabek), sudah kami terima,” ungkapnya.

4. Bansos sembako bantuan Presiden menjangkau 1,9 juta kepala keluarga (KK)

Tempel Stiker Bansos di Rumah Warga, Pemkot Bekasi Diapresiasi MensosIlustrasi Bansos Sembako (Dok. Kemensos)

Bansos sembako bantuan Presiden menjangkau 1,9 juta kepala keluarga (KK). Untuk DKI Jakarta menjangkau 1,3 juta KK dan Bodetabek (daerah yang berbatasan langsung dengan Jakarta) menjangkau 600 ribu KK.

Penyaluran bansos sembako sejak 20 April lalu. Pada kesempatan pertama, Kemensos konsentrasi di DKI Jakarta, karena status PSBB di DKI Jakarta lebih dulu. Kementerian Sosial secara serentak telah melakukan penyaluran bansos sembako bantuan Presiden untuk di wilayah Bodetabek.

Baca Juga: Miskin dan Putrinya Lumpuh, Warga Serang Ini Malah Belum Dapat Bansos

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya