Teror Ular Mengepung Jakarta

Ular besar ditemukan di dekat kantor IDN Media

Jakarta, IDN Times - Warga Jakarta dan sekitarnya kembali diteror kemunculan ular. Dalam kurun beberapa bulan terakhir, warga ibu kota resah dengan kehadiran ular-ular tersebut.

Tidak hanya mengganggu aktivitas warga, kemunculan ular itu bahkan memakan korban jiwa. Berikut rangkuman IDN Times terkait kemunculan ular di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Warga Amankan Seekor Ular yang Bertengger di Tiang Listrik

1. Petugas Gulkarmat tangkap ular sanca tiga meter

Teror Ular Mengepung JakartaAntara

Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara, menangkap ular sanca sepanjang tiga meter pukul 09.00 WIB, Minggu (3/2) lalu. 

Dikutip dari Antara, petugas sempat kesulitan menangkap karena ular bersembunyi di bawah pipa paralon. Penangkapan pun dilakukan dengan alat seadanya, di antaranya balok kayu untuk menahan kepala ular.

"Ular bersembunyi di bawah pipa paralon besar di celah sempit di samping rumah warga dan tidak sengaja terlihat oleh pelapor, karena pipa tersebut tampak berbeda dari biasanya. Pelapor curiga dan setelah diperiksa ternyata ada ular di bawahnya," kata anggota Regu C Sudin Gulkarmat Jakarta Utara, Fikri Naufal.

2. Empat ular sanca muncul di Kali Pesanggrahan

Teror Ular Mengepung JakartaIstimewa

Petugas UPK Badan Air DKI Jakarta menemukan ular sanca sepanjang tiga meter ketika sedang memangkas rumput liar di bantaran Kali Pesanggrahan, Jalan Meruya Ilir, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (5/3).

"‎Ketika petugas sedang memangkas rumput, mereka melihat rumput yang bergoyang-goyang, karena penasaran mereka pun mendekati dan ternyata ada ular sanca," kata anggota Tim Media Sosial UPK Badan Air Apit Raharjo.

Untungnya ‎tidak ada perlawanan yang membahayakan dari ular sanca saat ditangkap. Penemuan ular oleh petugas UPK Badan Air DKI Jakarta di bantaran kali ini bukanlah yang pertama.

"Untuk 2019 ini saja, ada empat penemuan ular sanca di kali. Ada yang dilepaskan dan ada juga yang dibawa pulang oleh petugas. Mungkin karena musim hujan banyak ular yang keluar," kata Apit.  

3. Tiga ekor ular sanca bersembunyi di rumah warga

Teror Ular Mengepung JakartaANTARA FOTO/Rahmad

Pada 9 Juli 2019 lalu, warga Pulau Lancang dikejutkan oleh penemuan tiga ekor ular sanca di RT 03/RW 03, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu.

Tiga personel pemadam kebakaran yang dibantu petugas PPSU Kelurahan Pulau Pari yang bertugas di Pulau Lancang, langsung menuju lokasi penemuan dan langsung mengamankan ular sanca tersebut.

“Ada tiga ekor ular sanca yang diamankan. Dua ekor berdiameter 40 cm dengan panjang 4 meter dan satu ekor berdiameter 20 cm dengan panjang 3 meter,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Satriadi Gunawan dikutip dari Antara.

4. Satpam perumahan tewas digigit ular

Teror Ular Mengepung JakartaIDN Times/Candra Irawan

Tidak kalah menghebohkan, pada Selasa (20/8) lalu seorang satpam perumahan Michelia Centro Gading Serpong, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, tewas setelah digigit ular berbisa.

Kapolsek Kelapa Dua Kompol Efendi mengatakan, petugas sekuriti bernama Iskandar itu tewas setelah digigit 10 jam sebelumnya, dan tidak berupaya mengobati luka dan racun dari ular weling tersebut.

Dari video yang beredar, terlihat Iskandar memainkan ular tersebut. Dari video itu juga polisi memastikan, ular tersebut berbisa atau memiliki racun.

5. Ular juga muncul di perkantoran

Teror Ular Mengepung JakartaIstimewa

Tidak hanya muncul di rumah warga, ular juga menyerang wilayah perkantoran. Pada Rabu (4/9), sekitar pukul 09.00 WIB, seekor ular ditemukan melingkar pada sebuah tiang listrik di Jalan Palmerah Utara, Jakarta Barat.

Ular tersebut pertama kali ditemukan oleh petugas kebersihan (pasukan oranye). Ular itu tengah berada di atas pohon yang tumbuh hanya beberapa meter di samping kantor IDN Media. 

“Pagi tadi, saya membersihkan halaman kantor dan pos tempat saya berjaga, dan setelah memasang pembatas trotoar, pasukan oranye menghampiri saya dan memberitahu ada ular di atas pohon,” ujar petugas keamanan IDN Media, Ari.

Baca Juga: Sekuriti di Tangerang Tewas Digigit Ular, Ini Penjelasan Polisi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya