Comscore Tracker

Tiket AirAsia Hilang di Online Travel Agent, Pelanggan Kecewa

Penjualan tiket AirAsia hanya muncul di beberapa OTA

Jakarta, IDN Times - Usai memutuskan hubungan dengan Traveloka, maskapai penerbangan AirAsia juga menghilang di sejumlah Online Travel Agent (OTA) lainnya.

Penelusuran IDN Times, Kamis (7/3), bukan hanya Traveloka dan Tiket.com yang tidak melayani penjualan tiket AirAsia, OTA lainnya seperti PegiPegi, Blibli, Tokopedia juga tidak tersedia pilihan tiket dari maskapai AirAsia.

1. Penjualan tiket AirAsia hanya muncul di beberapa OTA

Tiket AirAsia Hilang di Online Travel Agent, Pelanggan Kecewaasia.nikkei.com

Meskipun penelusuran penerbangan di Google terdapat pilihan pesan melalui  Tiket.com, Tokopedia, dan OTA lainnya, namun setelah dibuka ke halaman tersebut pilihan maskapai AirAsia nihil.

Sampai berita ini ditulis, OTA yang tersedia maskapai AirAsia hanya ada di platform Trip.com dan booking.com.

2. AirAsia Indonesia minta OTA menjelaskan masalah ini

Tiket AirAsia Hilang di Online Travel Agent, Pelanggan Kecewaairasia.com

Sementaras, aat dihubungi IDN Times, Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan meminta agar dikonfirmasi ke pihak platform penyedia layanan yang bersangkutan.

Kemudian, IDN Times mencoba menghubungi CEO Tokopedia William Tanuwijaya, namun hingga berita ini ditulis belum ada respon.

3. Pelanggan AirAsia kecewa

Tiket AirAsia Hilang di Online Travel Agent, Pelanggan Kecewaairasia.com

Keputusan AirAsia yang menarik semua penjualan di Traveloka menimbulkan sejumlah respons di masyarakat.

Larasati Dinda misalnya, yang kecewa tidak menemukan tiket AirAsia di sejumlah OTA. Menurutnya platform booking daring tersebut lebih banyak menawarkan promo untuk konsumen.

"Sejujurnya sih kecewa AirAsia menarik penjualan tiket di OTA, karena biasanya banyak promo tambahan," ujar dia, Kamis (7/3).

Kendati, wanita berusia 27 tahun ini tetap menggunakan penerbangan AirAsia saat liburan, meskipun harus membeli tiket di aplikasi AirAsia langsung.

"AirAsia sering bagi-bagi kursi gratis asal rajin pantengin, cocok buat traveler seperti saya," ujar dia, tertawa.

4. Pelanggan tidak bisa multimaskapai

Tiket AirAsia Hilang di Online Travel Agent, Pelanggan KecewaTwitter/@AirAsia

Lain hal dengan Anggi Budi Setyawan, yang beralih ke maskapai lain, sebab dia merasa tidak punya pilihan jika langsung pesan melalui website ataupun aplikasi.

"Saya terbiasa pakai Tiket.com buat bepergian pakai pesawat, sebab saya bisa bandingkan harga maskapai lain dalam satu aplikasi," terang dia.

Biasanya laki-laki yang berprofesi sebagai software engineer di kawasan Kuningan, Jakarta Pusat ini biasanya memakai pesawat AirAsia saat liburan ke luar negeri dan dalam negeri.

5. Pelanggan lebih memilih memakai satu aplikasi

Tiket AirAsia Hilang di Online Travel Agent, Pelanggan KecewaPexels.com/Tracy Le Blanc

Anggi memang sudah merencanakan liburan ke luar negeri tahun ini. Dengan menghilangnya AirAsia, dia berencana pindah ke maskapai penerbangan lain.

"Paling enak memakai satu aplikasi saja, karena semua tersedia beli tiket kereta, tiket pesawat, hotel sampai bioskop. Ribet ah kalau beli di masing-masing website," ujar dia.

Baca Juga: Diceraikan, Traveloka Coba Buka Dialog dengan AirAsia

Topic:

  • Rochmanudin

Just For You