[UPDATE] Per Hari Ini, Ada 8 Provinsi Nihil Penambahan Kasus COVID-19!

Jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 24.538

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa penambahan jumlah kasus positif COVID-19 sebanyak 687 orang sehingga totalnya menjadi 24.538, Kamis (28/5).

Yuri mengungkapkan, 8 wilayah yang nihil penambahan kasus positif yakni Bangka Belitung, DI Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Utara, Lampung, Riau, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Adanya kasus nihil tersebut sekaligus menjadi tantangan terbesar bagi masing-masing wilayah untuk mempertahankannya," ujarnya

Kemudian untuk wilayah yang ada satu penambahan kasus adalah Aceh, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

1. Jumlah kasus positif tersebut yang paling banyak terdapat di Jawa Timur

[UPDATE] Per Hari Ini, Ada 8 Provinsi Nihil Penambahan Kasus COVID-19!Foto hanya ilustrasi. (Dok Basarnas Jateng)

Sedangkan jumlah kasus positif tersebut yang paling banyak terdapat di Jawa Timur, kemudian Kalimantan Selatan, Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Utara.

“Kenaikan ini kita dapatkan cukup banyak di Provinsi Jawa Timur ini ada 171 kasus, kemudian Kalimantan Selatan 116, di DKI Jakarta 105, Sulawesi Selatan 46, kemudian di Sumatera Utara 30 kasus,” imbuhnya.

Baca Juga: Alhamdulilah, Kasus Virus Corona di Beberapa Daerah Sudah Terkendali

2. Kalimantan Selatan terdapat penambahan kasus banyak

[UPDATE] Per Hari Ini, Ada 8 Provinsi Nihil Penambahan Kasus COVID-19!idn media

Selanjutnya, apabila melihat hitungan hari ke hari, Provinsi Kalimantan Selatan terdapat penambahan cukup banyak kasus positif COVID. Meski demikian, Yuri menyatakan Jawa Timur menjadi wilayah yang paling banyak meski telah mengalami penurunan hingga 28 orang jika dibanding data hari sebelumnya, Rabu (27/5).

"Kalau kemudian kita hitung dari hari ke hari, maka terlihat bahwa memang hari ini penambahan yang cukup banyak itu adalah Kalimantan Selatan. Karena kemarin 73, sekarang jadi 116. Sementara Jawa Timur saat ini paling tinggi, tetapi sebenarnya hakekatnya, kemarin ada 199, sekarang jadi 171, artinya ada penurunan dibanding dengan kemarin,” jelas Yuri.

3. Data kasus COVID-19 tunjukkan adanya dinamika sosial yang berbeda di tiap provinsi

[UPDATE] Per Hari Ini, Ada 8 Provinsi Nihil Penambahan Kasus COVID-19!Pemprov Jawa Timur

Yuri mengajak masyarakat agar memahami bahwa apa yang disimpulkan melalui data dari 34 Provinsi dan 412 Kabupaten/Kota tersebut dipengaruhi oleh dinamika sosial. Oleh sebab itu, Yuri juga mengimbau agar masyarakat berdisiplin kembali dan mematuhi anjuran pemerintah untuk memutus rantai COVID-19.

“Inilah yang menjadi perhatian kita, bahwa masih ada beberapa daerah yang memang gambaran grafiknya sudah mulai menurun, ada yang melandai, tetapi ada beberapa yang naik. Kita memaklumi kondisi ini, karena memang dinamika sosial yang berada di provinsi satu dengan yang lain tidak sama,” jelas Yuri.

4. Total pasien sembuh menjadi 6.240 dan kasus meninggal menjadi 1.496

[UPDATE] Per Hari Ini, Ada 8 Provinsi Nihil Penambahan Kasus COVID-19!IDN Times/Candra Irawan

Sementara data total pasien sembuh menjadi 6.240 setelah ada penambahan 183 orang dan kasus meninggal menjadi 1.496 dengan penambahan 23 orang.

Ada pun akumulasi data kasus tersebut diambil dari hasil uji pemeriksaan spesimen sebanyak 289.906 yang dilakukan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di 87 laboratorium, Tes Cepat Melokuler (TCM) di 50 laboratorium dan Laboratorium jejaring (RT-PCR dan TCM) di 167 lab.

"Secara keseluruhan, 201.311 orang telah diperiksa dan hasilnya 24.538 positif dan 176.773 negatif," imbuhnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Hari Ini Naik 687, Totalnya Dekati Angka 25.000!

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya