Usai Dikritik Djarot, Heru Janji Perbaiki Taman Kalijodo Warisan Ahok

RPTRA Kalijodo sebelumnya jadi tempat prostitusi

Jakarta, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, memastikan perbaikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Utara, segera dilakukan.

Hal tersebut diungkapkan Heru setelah adanya temuan dari Mantan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, yang mengaku miris melihat kondisi RPTRA Kalijodo yang tidak terawat.

Dalam teknisnya, Heru memerintahkan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta untuk melakukan perbaikan hingga perawatan pada bagian bangunan dan fasilitas yang perlu dilakukan perbaikan. 

“Dinas Pertamanan akan memperbaiki hal-hal yang harus dirawat, termasuk memperbaiki kanopi, pengecatan, dan lain-lain,” ujar Heru dalam siaran tertulis, Minggu (9/4/2023).

Baca Juga: 7 Potret Terkini RPTRA Kalijodo, Warisan Ahok yang Tampak Tak Terurus

1. Heru minta beragam aktivitas untuk hidupkan Taman Kalijodo

Usai Dikritik Djarot, Heru Janji Perbaiki Taman Kalijodo Warisan AhokSuasana Taman Kalijodo di siang hari, Jalan Bidara Raya, Pejagalan, Penjaringan, Angke, Tambora, Jakarta Utara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Tidak hanya itu, untuk menarik pengunjung, Heru meminta agar diadakan berbagai kegiatan atau acara yang bersifat rutin maupun seremonial. Misalnya ajang kejuaraan sepeda BMX dalam rangka memeriahkan HUT DKI Jakarta pada Juni mendatang.

“Saya minta di sini ada kegiatan rutin, nanti informal saya datang. Saya minta Dinas Pertamanan dan Hutan Kota untuk berkomunikasi dengan komunitas BMX mengadakan kegiatan, nanti hadiahnya biar dari saya. Saya harap mereka rutin adakan program dan kegiatan saja, hadiahnya nanti kita pikirin," ujar Heru.

2. Taman Kalijodo akan diperbaiki usai Lebaran

Usai Dikritik Djarot, Heru Janji Perbaiki Taman Kalijodo Warisan AhokSuasana Taman Kalijodo di siang hari, Jalan Bidara Raya, Pejagalan, Penjaringan, Angke, Tambora, Jakarta Utara (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sementara, Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Bayu Meghantara menyatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan Heru dalam upaya perbaikan dan perawatan, termasuk aktivasi RPTRA Kalijodo dalam waktu dekat.

“Kita undang komunitas dan sebagainya untuk kegiatan masyarakat yang lebih baik. Insyaallah perbaikan tembok, atap, dan fasilitas lainnya akan dilakukan setelah Lebaran. Dananya sudah dianggarkan,” papar Bayu.

Baca Juga: Menelusuri Taman Warisan Ahok, RPTRA Kalijodo Kini Tampak Kusam

3. Djarot miris lihat kondisi RPTRA Kalijodo

Usai Dikritik Djarot, Heru Janji Perbaiki Taman Kalijodo Warisan AhokIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku miris melihat kondisi Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Kalijodo, Jakarta Utara. 

Dalam unggahan akun Instagram pribadinya, politikus PDIP Perjuangan itu mengaku kecewa melihat keadaan dari ruang publik yang dulu diperjuangkannya bersama dengan eks Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Diketahui, sebelum dijadikan taman, Kalijodo adalah sarang prostitusi atau tempat hiburan malam. Barulah pada 2017, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok menjadikannya Ruang Terbuka Hijau dan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

"Kalijodo setelah 5 tahun yang lalu kita benahi menjadi RTH-RPTRA. Lapak jualan yang padat, retakan pada bangunan, tidak terawat dan sampah yang menggunung. Miris dan kecewa," ujarnya dikutip akun @djarotsaifulhidayat, Minggu (9/4/2023).

 

Penasaran dengan isu-isu pemilu dan gonjang ganjing capres cawapres, baca selengkapnya di sini

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya