Usai Hujan Deras, Status Bendung Katulampa Hingga Manggarai Siaga IV

Sejumlah pintu air masih normal pada Minggu malam

Jakarta, IDN Times - Sejumlah wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya mulai diguyur hujan mulai rintik-rintik hingga deras pada Minggu (26/1). Namun, beberapa pintau air di wilayah ibu kota masih relatif aman.

Ketinggian permukaan air di Bendungan Katulampa, Kota Bogor, Pos Depok, dan Pintu Air Manggarai berstatus Siapa IV pada Minggu malam. Status bendungan normal usai diguyur hujan di wilayah tersebut.

1. Ketinggian pintu air Katulampa mencapai 20 sentimeter

Usai Hujan Deras, Status Bendung Katulampa Hingga Manggarai Siaga IVANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Dikutip dari akun Twitter Dinas SDA Jakarta, ketinggian air di Bendung Katulampa mencapai 20 sentimeter pada pukul 20.00 WIB.

Posisi tinggi muka air di Bendung Katulampa mencapai titik tertinggi pada 2020, yakni pada 1 Januari 2020, yakni mencapai 170 cm atau Siaga II. Hal itu mengakibatkan, banjir di sejumlah wilayah DKI Jakarta, Bekasi, dan Tangerang.

2. Pintu Manggarai ketinggian air pukul 20.00 WIB mencapai 595 sentimeter

Usai Hujan Deras, Status Bendung Katulampa Hingga Manggarai Siaga IVIlustrasi Pintu Air Manggarai (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Di jam yang sama, ketinggian pintu air di Pos Depok mencapai 145 sentimeter dan masih kategori Siaga VI.

Sementara, Pintu Air Manggarai ketinggian air pada pukul 20.00 WIB mencapai 595 sentimeter. Tinggi muka air di Pintu Air Manggarai pernah mencapai titik 965 sentimeter pada Kamis (2/1) lalu dan berstatus Siaga I.

Baca Juga: Banjir Underpass Kemayoran Masih 3 Meter, Petugas Berjibaku Sedot Air

3. Hujan disertai petir mengguyur sejumlah wilayah DKI Jakarta

Usai Hujan Deras, Status Bendung Katulampa Hingga Manggarai Siaga IVIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan mengguyur sebagian besar wilayah Provinsi DKI Jakarta. Empat wilayah kota dan kabupaten akan diguyur hujan di seluruh wilayah pada siang hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir atau angin kencang berdurasi singkat di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan malam hari," tulis laman BMKG, Minggu (26/1).

4. Cuaca Jakarta di empat wilayah kabupaten atau kota akan mengalami hujan dengan intensitas ringan

Usai Hujan Deras, Status Bendung Katulampa Hingga Manggarai Siaga IVIlustrasi (IDN Times/Sunariyah)

Cuaca Jakarta di empat wilayah kabupaten atau kota akan mengalami hujan dengan intensitas ringan yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Sementara, dua wilayah lain yakni Jakarta Timur dan Jakarta Selatan berawan.

Pada siang hari, seluruh wilayah Jakarta diguyur hujan dengan intensitas berbeda yakni ringan, lokal, dan petir.

5. Pada malam hari, sebagian besar wilayah DKI Jakarta mengalami hujan berbagai intensitas

Usai Hujan Deras, Status Bendung Katulampa Hingga Manggarai Siaga IVIDN Times/Hana Adi Perdana

Sementara, hujan ringan akan berlangsung di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat. Sedangkan hujan lokal akan berlangsung di Jakarta Barat dan Jakarta Timur. Jakarta Selatan akan turun hujan disertai petir.

Adapun pada malam hari, sebagian besar wilayah Jakarta akan mengalami hujan berbagai intensitas. Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat akan mengalami hujan lokal. Sedangkan, Jakarta Pusat dan Jakarta Timur akan hujan dengan intensitas ringan, serta Jakarta Selatan berawan.

Baca Juga: Banjir Underpass Kemayoran, Anies: Pemprov DKI Bantu Pemerintah Pusat

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya