Vaksinasi Lansia di Papua Baru 1,20 Persen, Menkes: Harus Prioritas!

Vaksinasi lansia harus diutamakan dibanding pelayan publik

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi petugas kesehatan, petugas pelayanan publik dan masyarakat lanjut usia (lansia) di Kelurahan VIM dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Induk Jayapura, Papua, Rabu (14/4/2021).

Setidaknya 200 orang mendapatkan vaksin COVID-19 di Kelurahan VIM. Kemudian 133 orang petugas pertanian dan imigrasi divaksinasi di KKP Induk Jayapura pada hari ini.

1. Dibanding pelayan publik, lansia harus lebih prioritas dapat vaksin COVID-19

Vaksinasi Lansia di Papua Baru 1,20 Persen, Menkes: Harus Prioritas!Sejumlah warga lanjut usia (lansia) mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Dumai, Riau, Senin (29/3/2021). Sebanyak 159 orang lansia dari target 30.000 lansia di Dumai sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Aswaddy HamId)

Baca Juga: Vaksin COVID-19 Menipis, Menkes Atur Prioritas Vaksinasi untuk Lansia

Budi berpesan agar pelaksanaan vaksinasi COVID-19 didorong pada peningkatan cakupan pemberian vaksin untuk lansia. Sebab, lansia merupakan kelompok yang memiliki risiko paling tinggi jika tertular COVID-19.

"Prioritas lansia penting, orang tua (lansia) yang divaksinasi COVID-19 harusnya capaiannya dua kali pelayanan publik. Namun saat ini petugas publik hampir lima kali (dari) lansia, orang tuanya dulu. Kalau dia bawa orang tuanya suntik, kita suntik juga," ujar Budi dalam siaran tertulis yang diterima IDN Times.

2. Vaksinasi COVID-19 lansia baru 1,20 persen

Vaksinasi Lansia di Papua Baru 1,20 Persen, Menkes: Harus Prioritas!Vaksinasi lansia di Sentra Vaksinasi BUMN di PRPP Jateng Semarang. Dok. Pertamina MOR IV Jateng-DIY.

Vaksinasi COVID-19 tahap I dan tahap II di Papua menargetkan 562.248 orang. Hingga 13 April 2021, sebanyak 103.234 orang atau 18.36 persen sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama.

Kemudian, sebanyak 40.923 orang atau 7.28 persen sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua.

Sementara, vaksinasi COVID-19 untuk lansia di Papua, baru sebanyak 3.014 orang atau 1,20 persen lansia yang mendapatkan vaksinasi COVID-19.

3. Menkes turut tinjau Stadion Papua Bangkit

Vaksinasi Lansia di Papua Baru 1,20 Persen, Menkes: Harus Prioritas!Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sebelum meninjau vaksinasi, Menkes Budi juga sempat meninjau Stadion Lukas Enembe/Papua Bangkit. Stadion ini akan menjadi lokasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nadional (PON) serta Politeknik Kesehatan Kemenkes Jayapura.

Dalam kunjungan kerja ini, Budi didampingi Dirjen Pelayanan Kesehatan, Plt Badan PPSDM Kesehatan, Kepala Dinkes Provinsi Jayapura, Wali Kota Jayapura, serta jajaran lainnya.

Baca Juga: Kabar Baik! Antar 2 Lansia Vaksinasi, Warga DKI Dapat Jatah Vaksin

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya