Video dengan Anji Dihapus, Hadi Pranoto: Tidak Ada Niat Jadi YouTuber

Hadi Pranoto mengklaim menemukan obat herbal anti-COVID-19

Jakarta, IDM Times - Nama Hadi Pranoto mendadak viral setelah musisi Erdian Aji Prihartanto atau kerap disapa Anji mengunggah video wawancaranya di channel Youtube @duniaMANJI pada Jumat (31/7/2020).

Namun video tersebut kemudian dihapus YouTube karena dianggap melanggar persyaratan. Hadi mengatakan dirinya tidak mempermasalahkan penghapusan video tersebut karena dirinya tidak ingin menjadi YouTuber.

"Saya tidak ada niat jadi YouTuber, saya kerja hanya membantu orang yang tidak mampu terdampak COVID-19," ujarnya saat dihubungi IDN Times, Selasa (4/8/2020).

1. Anji tertarik temuan obat herbal milik Hadi

Video dengan Anji Dihapus, Hadi Pranoto: Tidak Ada Niat Jadi YouTuberPeneliti Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi COVID-19, di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Hadi kemudian menceritakan awal mula dia menjadi narasumber dalam konten yang dibuat musisi Anji. Hadi mengatakan ide pembuatan konten tersebut berawal dari ketertarikan Anji terhadap penemuannya yang dia ceritakan saat bertemu di suatu tempat di luar kota beberapa waktu lalu.

"Saya baru dua kali bertemu Anji, kita saling cerita serta bhakti sosial, kemudian beliau ingin mengajak bicara karena di sini ada sesuatu yang harus kita selamatkan," katanya.

2. Hadi heran obat herbalnya menuai kontroversi padahal banyak obat herbal anticovid lain yang beredar

Video dengan Anji Dihapus, Hadi Pranoto: Tidak Ada Niat Jadi YouTuberPeneliti Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi COVID-19, di Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (3/8/2020) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Hadi heran mengapa obat herbal anti-COVID-19 temuannya memicu kontroversi. Padahal banyak obat-obat herbal lain yang diklaim bisa mengobati atau mencegah virus COVID-19.

"Kenapa obat herbal saya diributkan dan menjadi kontroversi, apa mungkin (mereka) merasa terlangkahi atau apa saya tidak tahu, semua menjadi ribut dengan herbal ini padahal obat-obat herbal banyak, tapi kenapa hanya saya yang diributkan?" ujarnya

3. Kandungan obat herbal dari senyawa alam

Video dengan Anji Dihapus, Hadi Pranoto: Tidak Ada Niat Jadi YouTuberPenyanyi Anji bersama dengan Hadi Pranoto berfoto bersama (Instagram.com/duniamanji)

Dia menegaskan bahwa obat herbal temuannya tidak mengandung bahan kimia berbahaya, semua murni dari alam yang berasal dari Indonesia

"Jadi itu dari senyawa herbal dari Indonesia, pakai herbal semuanya tidak ada yang mengandung zat yang berbahaya, jadi kandungannya ada senyawa sirsak, ada senyawa kelapa, seperti pegagan, mengkudu dan bahan lainnya," katanya.

4. Penelitian sudah dilakukan sejak tahun 2000

Video dengan Anji Dihapus, Hadi Pranoto: Tidak Ada Niat Jadi YouTuberIlustrasi. IDN Times/Humas Bandung

Hadi menerangkan dia bersama anggota tim riset yang berjumlah sepuluh orang sudah meneliti obat herbal tersebut sejak tahun 2000.

Sejak munculnya COVID-19, dia yang bertugas sebagai ketua tim riset, mulai mengambil genetik sehingga mendapatkan formula yang tepat untuk menangkal dan mengobati pasien dari COVID-19.

"Yang sudah membuktikan khasiatnya ribuan, bahkan ada yang ibunya meninggal karena COVID-19 kemudian anak yang positif karena mengurus ibunya kami terapi kemudian sembuh," klaimnya.

5. YouTube menghapus video Anji

Video dengan Anji Dihapus, Hadi Pranoto: Tidak Ada Niat Jadi YouTuberVideo Viral Milik Anji (Instagram.com/duniamanji)

FYI, Anji mengunggah video wawancara dengan Hadi Pranoto di Lampung pada Jumat 31 Juli 2020. Video tersebut sempat jadi trending topik sebab Hadi Pranoto mengklaim telah menemukan obat antibodi COVID-19.

Youtube belakangan menghapus video wawancara tersebut karena dinilai melanggar persyaratan YouTube.

Video yang diunggah berjudul ’BISA KEMBALI NORMAL? OBAT COVID 19 SUDAH DITEMUKAN!!’ sudah tidak bisa tersedia di kanal YouTube @duniaMANJI milik Anji.

Baca Juga: Deretan Kontroversi Anji Drive: Debat KPop Hingga Terkait COVID-19

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya