Comscore Tracker

Viral, Kisah Pilu Dokter Muda di Riau Meninggal Akibat COVID-19

Kisahnya bikin menguras air mata

Jakarta, IDN Times - Seorang dokter muda di Riau yang masih berusia 29 tahun, Oki Alvin Alamsyah, meninggal dunia karena terinfeksi COVID-19.

Proses pelepasan jenazah dokter Oki di halaman Rumah Sakit Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, pada Sabtu, 12 September 2020 pagi, berlangsung haru. Bahkan, video pelepasan tersebut viral di media sosial sampai saat ini.

1. Keluarga hanya bisa melihat dari jauh

Viral, Kisah Pilu Dokter Muda di Riau Meninggal Akibat COVID-19Pepasan jenazah dokter Oki/ nenk_update

Dalam video TikTok yang diunggah di akun Instagram @nenk_update, terdengar isak tangis pegawai dan keluarga, saat jenazah dimasukkan dalam mobil ambulans.

Sang ibu yang menggunakan kursi roda tidak bisa menahan tangis dan hanya melihat sang putra dalam mobil ambulans dari jarak jauh. Dia tidak bisa melihat wajah putranya sebelum diantarkan ke pemakaman khusus COVID-19.

Baca Juga: IDI: 4 Dokter Meninggal dalam Sehari karena COVID-19

2. Istri almarhum dokter Oki positif COVID-19

Viral, Kisah Pilu Dokter Muda di Riau Meninggal Akibat COVID-19Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19 di Gresik, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Dalam video tersebut juga tertulis bahwa istri dokter Oki tidak bisa mengantarkan sang suami, karena masih menjalankan isolasi karena terinfeksi COVID-19.

"Yang sabar kakak Uci, kuat, kakak Uci ini istri almarhum dr Oki yang terkena positif COVID-19, dan sekarang kk Uci harus diisolasi untuk rumah sakit umum Petala Bumi. Hancur kali rasanya nengok kk Uci sehat kk buat Uwais dan klg," tulis akun tersebut.

3. "Suamiku hebat, suamiku kuat, masyaAllah sayaang,"

Viral, Kisah Pilu Dokter Muda di Riau Meninggal Akibat COVID-19Ilustrasi tenaga medis mengenakan APD. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Untuk mengenang suaminya, istri dr Oki, Suci Oktari di akun Instagramnya menuliskan, "Suamiku hebat, suamiku kuat, masyaAllah sayaang, banyak yang doakan abang. Banyak yg nyalatkan abang. Banyak yg antarkan abang, padahal mereka tahu abang positif. Karena apa? Banyak yang sayang abang. Abang orang yang baik. InsyaAllah abang meninggal dalam syahid dan husnul khotimah. Amiin".

"Untuk semua teman-teman, makasih doanya, semoga semua doa kita dikabulkan oleh Allah. Insyallah saya ikhlas," tulis Suci.

Ribuan orang menanggapinya dan menguatkannya dengan doa-doa yang bisa memberikan energi positif untuk kehidupan Suci selanjutnya.

4. Anak almarhum negatif COVID-19

Viral, Kisah Pilu Dokter Muda di Riau Meninggal Akibat COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sementara, anak dokter Oki yang sebenarnya masih dalam proses menyusui terpaksa disapih, karena ibunya juga terpapar COVID-19. Lagi-lagi, Suci tetap bersyukur buah hatinya tidak rewel karena banyak orang yang peduli dengannya.

"Masyallah anakku negatif, itu juga hadiah dan nikmat terbesar yg diberikan oleh Allah," tulis Suci.

5. Dua tenaga kesehatan meninggal dunia akibat infeksi virus corona di Riau

Viral, Kisah Pilu Dokter Muda di Riau Meninggal Akibat COVID-19Ilustrasi petugas pembawa peti mati/Istimewa

Gubernur Riau Syamsuar mengungkapkan dalam sepekan terakhir, sudah dua tenaga kesehatan meninggal dunia akibat infeksi virus corona jenis baru itu. Selain dokter Oki, sebelumnya pada 8 September 2020, ada Riani (50), perawat di RSUD Kota Dumai yang juga meninggal dunia.

Menurut Syamsuar, Provinsi Riau kehilangan seorang dokter muda yang berdedikasi tinggi pada profesi dan selama ini dikenal sebagai pekerja keras, yakni dr Oki Alfin, yang bertugas di Puskesmas Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar.

"Hari ini almarhum meninggalkan kita semua setelah dirawat sebagai pasien COVID-19. Beliau menjadi dokter pertama yang meninggal dunia karena corona di provinsi ini," kata dilansir dari ANTARA, Senin (14/8/2020).

Baca Juga: 115 Dokter Meninggal karena COVID-19, Terbanyak di Jawa Timur

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya