Comscore Tracker

Viral Larangan Foto Pakai DSLR di GBK, Ini Aturannya

Foto endorse UMKM ternyata boleh loh

Jakarta, IDN Times - Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sekretariat Negara, Eddy Cahyono, mengungkapkan pengambilan foto dan video di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) diperbolehkan.

Namun, penggunaan kamera profesional dan bersifat komersial harus mendapatkan izin. Penggunaan komersial tersebut meliputi prewedding, iklan, hingga sponsor artis papan atas.

"Namun, untuk sponsor UMKM atau produk lokal yang sedang berkembang boleh saja, karena kami ikut mendukung #BanggaBuatanIndonesia dan TKDN," ujarnya Kamis (20/5/2021).

 

Baca Juga: Viral Warga Dilarang Foto di GBK dengan Kamera DSLR

1. Kesalahpahaman penjelasan Satpam jadi masukan

Viral Larangan Foto Pakai DSLR di GBK, Ini AturannyaANTARA FOTO/Nova Wahyudi/hp.

Kasus tentang ditegurnya seorang warga yang memotret dengan kamera DSLR di kawasan GBK menjadi viral di media sosial sejak Selasa (18/5/2021). Dari cuitan fotografer senior, Arbain Rambey, terlihat kemampuan komunikasi satpam yang bertugas di GBK kurang cakap.

Mereka tak bisa menjelaskan seperti apa status komersial yang dimaksud. Maka dari itu, Eddy menyatakan terkait tarif dan hal teknis lain terkait masalah ini, sebaiknya langsung ditanyakan pengelola atau media sosial GBK.

"Kesalahpahaman terkait penjelasan satpam di lapangan akan menjadi masukan bagi kami untuk memperbaiki pelayanan ke publik," paparnya.

2. Fotografer senior pertanyakan aturan berfoto di GBK

Viral Larangan Foto Pakai DSLR di GBK, Ini AturannyaStadion Utama Gelora Bung Karno (IDN Times/Herka Yanis)

Arbain Rambey mengunggah kisah seseorang yang ditegur satpam saat memotret di kawasan di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) kamera digital single lens reflex (DSLR) viral di media sosial.

Arbain mempertanyakan aturan tersebut yang diucapkan satpam pada warga yang hendak memotret.

"Motret di kompleks GBK tak boleh pakai DSLR? Apa bedanya dengan pakai mirrorless atau HP premium? Apa dasar aturan ini?" tulis Arbain melalui akunnya @arbainrambey, Selasa (18/5/2021).

3. Satpam larang warga berfoto gunakan DSLR

Viral Larangan Foto Pakai DSLR di GBK, Ini AturannyaIDN Times/Afriani Susanti

Dalam unggahan tersebut, tampak cerita percakapan seseorang dengan satpam di kawasan GBK. Warga tersebut ditegur tidak boleh memakai DSLR di kawasan GBK.

"Pak, enggak boleh foto pakai DSLR di lingkungan GBK," kata satpam

Warga paham aturan yang menyebutkan, memang tidak diperbolehkan bawa kamera DSLR ke dalam stadion saat ada pertandingan. Sedangkan, dia hanya berfoto di luar GBK.

Namun satpam itu menegaskan tetap tidak boleh memotret dengan DSLR dengan alasan khawatir foto tersebut dipakai untuk kepentingan komersial.

"Nanti takutnya foto bapak bakal jadi endorse model instagram itu, Tetap enggak boleh foto pakai DSLR," jelas satpam.

Sontak saja unggahan tersebut menuai beragam komentar sejumlah warganet menceritakan pengalaman yang sama.

"Pernah kena juga sih. Tempat lain yg gaboleh motret pake DSLR itu motret di hutan mangrove PIK (kalo ga salah), yaudah pake hp," tulis akun @g**pr*s.

Baca Juga: Viral Guru TK Terjerat Pinjol, Walkot Malang Janji Bantu Pelunasan

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya