Viral, Tagihan Perawatan Pasien COVID-19 Cuma 4 Hari Rp240 Juta

Untung Kemenkes akhirnya tanggung biaya perawatan itu

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini media sosial dihebohkan dengan biaya perawatan pasien COVID-19 yang mencapai ratusan juta. Harga perawatan tersebut diungkapkan oleh sejumlah akun di media sosial.

Satu di antaranya akun Twitter @n**s*i yang mengunggah bukti pembayaran biaya rumah sakit pasien yang mencapai Rp240 juta.

"Baru 4 hari billing rumah sakit udah hampir 230 juta. ini pasien covid loh. jatah kemenkes habis jadi harus bayar sendiri sehat sehat kalian pada," cuitnya di Twitter miliknya.

1. Biaya tersebut hanya biaya sementara selama 4 hari

Viral, Tagihan Perawatan Pasien COVID-19 Cuma 4 Hari Rp240 JutaTangkap Layar - Biaya yang dihabiskan untuk merawat pasien COVID-19 (Twitter.com/nysm)

Akun @n**s*i menegaskan biaya tersebut merupakan biaya sementara selama empat hari, belum 14 hari waktu yang diperlukan pasien COVID-19 untuk isolasi.

"Rincian obatnya aja selama 4 hari udah segini, btw ini masih billing sementara ya. billing sementara. itu baru 4 hari ya di rumah sakit. bayangin aja sampe 14 hari kedepan," tulis dia.

Baca Juga: Rincian Biaya Perawatan Pasien COVID-19 di Rumah Sakit, Jangan Kaget!

2. Asuransi tidak menjamin pasien COVID-19

Viral, Tagihan Perawatan Pasien COVID-19 Cuma 4 Hari Rp240 JutaIlustrasi rumah sakit. IDN Times/Dokumentasi RSUDAM

Terlebih asuransi dari perusahaan juga tidak bisa menjamin pasien COVID-19, karena sudah melebihi batas.

"Jangan digeneralisir kalo biayanya semua pasti segini ya selama 4 hari, bisa beda2 kebetulan pasien ada komorbidnya," imbuh akun @n**s*i.

3. Tetap patuhi protokol kesehatan, biaya rumah sakit mahal

Viral, Tagihan Perawatan Pasien COVID-19 Cuma 4 Hari Rp240 JutaIlustrasi kantor. unsplash.com/LYCS Architecture

Meski demikian, dia tidak menyalahkan salah satu pihak karena rumah sakit juga bisa rugi. Dia mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

"Ga bisa nyalahin salah satu pihak juga sih, cashflow rs bisa goyang jg klo nekel biaya terus. udah deh, minimal pada pake masker dah kalo mau keluar. jangan ditaro di dagu apalagi di leher juga. klobisa gak kemana mana ya ga usah kemana mana," imbau dia.

4. Biaya perawatan pasien COVID-19 bisa mencapai Rp1,2 M

Viral, Tagihan Perawatan Pasien COVID-19 Cuma 4 Hari Rp240 JutaTangkap Layar - Biaya yang dihabiskan untuk merawat pasien COVID-19 (Twitter.com/wdwss)

Cuitan tersebut dibanjiri komentar, bahkan ada juga netizen yang membenarkan jika biaya rumah sakit pasien COVID-19 mahal, apalagi di rumah sakit swasta di Jakarta.

"Tetangga 14 hari dirawat di dirawat RS swasta kawasan Semanggi saja abis Rp 1,2 M, ada lagi yang dirawat di rsud kecil abis Rp60 juta, rs rs ruju semua penuh,," ujar netizen lain.

"Nyesek bacanya," ujar netizen lainnya.

5. Kemenkes sudah tanggung semua biaya

Viral, Tagihan Perawatan Pasien COVID-19 Cuma 4 Hari Rp240 JutaTangkap Layar - Biaya yang dihabiskan untuk merawat pasien COVID-19 (Twitter.com/nysm)

Saat dikonfirmasi IDN Times, pemilik akun yang enggan disebutkan namanya itu meminta persoalan ini tidak dibahas, karena menimbulkan polemik. Apalagi hari ini biaya perawatan sudah ditanggung Kemenkes.

"Alhamdulillah kabar baik terjadi. effektif per 15 Sept, seluruh biaya dijaminkan Kemenkes. ALHAMDULILLAH," ujar pemilik akun @n**s*i.

Baca Juga: Harus Tahu! Negara Tanggung Semua Biaya Perawatan Pasien COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya