Viral Truk Sedot Tinja Buang Limbah di Hutan Kota, DLH: Kami Kejar!

Limbah dari truk tinja dibuang di Hutan Kota Cawang

Jakarta, IDN Times - Sebuah truk tinja yang membuang limbah di domestik di saluran air kawasan Hutan Kota Cawang, Cililitan, Jakarta Timur viral di media sosial.

Dalam video yang beredar, warga sempat memergoki truk sedot tinja tersebut membuang limbah domestik sebelum kabur. Dalam narasi unggahan video itu dijelaskan kejadian tersebut terjadi pada Minggu (20/11/2022) pagi sekitar pukul 07.45 WIB.

"Truk Sedot Tinja terpergok warga buang limbah di lubang selokan dekat Cawang UKI," tulis caption video dilansiir akun instagram @merekamjakarta, Senin (21/11/2022).

 

1. DLH DKI Jakarta sudah kantongi pemilik truk sedot tinja

Viral Truk Sedot Tinja Buang Limbah di Hutan Kota, DLH: Kami Kejar!Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan/ Istimewa

Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan, sudah melacak identitas pemilik truk tinja yang membuang limbah domestik di air kawasan Hutan Kota Cawang.

"Kita sudah melacak siapa pemiliknya, kita juga sedang lakukan pengejaran hari ini, Insya Allah akan kami lakukan penangkapan," ujar Yogi saat dihubungi IDN Times.

Baca Juga: Dinas LH DKI Cari Sopir Truk Tinja yang Viral Buang Limbah di Cawang

2. Truk sedot tinja banyak langgar pasal

Viral Truk Sedot Tinja Buang Limbah di Hutan Kota, DLH: Kami Kejar!Truk Sedot Tinja buang limbah di Hutan Cawang@merekamjakarta

Menurut Yogi truk sedot tinja ini melanggar sejumlah pasal mulai Undang-Undang Lingkungan Hidup sampai Undang-Undang Ketertiban Umum. Pihaknya akan menjatuhkan sanksi tegas jika terbukti lakukan kesalahan berulang.

"Truk ini melanggar banyak pasal, kemungkinan nanti kita proses secepatnya," katanya.

3. Retribusi buat truk tinja buang limbah sembarangan

Viral Truk Sedot Tinja Buang Limbah di Hutan Kota, DLH: Kami Kejar!Pengeluaran lumpur tinja dari dalam tengki ke dalam IPLT Bakung Bandar Lampung (IDN Times/Silviana)

Yogi mengimbau agar perushaan swasta jasa sedot tinja agar membuang limbah di tempat instalasi pengolahan limbah di Duri Kosambi dan Pulo Gebang.

"Mungkin di sana ada retribusinya sehingga mereka buang sembarangan," imbuhnya.

 

Baca Juga: Viral Pelajar Tendang Nenek, Inikah Hukuman yang Cocok Buat Mereka?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya