Comscore Tracker

Viral Video BLT 'Disunat' Aparat Desa  Rp100 Ribu, Dalih Infaq Musala

Bupati Blora langsung tertibkan penarikan BLT

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan aksi 'sunat' Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diduga dilakukan aparatur desa, viral di media sosial. Dalam video yang dibagikan akun Instagram @infoblora, memperlihatkan pemotongan dana BLT tersebut terjadi di Desa Keser, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

"Beberapa hari yang lalu sempat viral peristiwa pemotongan dana BLT di Kabupaten Blora hingga menyebabkan Bapak Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo marah besar, ternyata kali ini terjadi lagi. Hanya saja kali ini triknya adalah menggunakan dalih infaq untuk pembangunan musala yang terletak di Balai Desa Keser," tulis keterangan akun tersebut Senin, (26/8/2022).

Baca Juga: Cara Lengkap Ajukan Diri Penerima BLT BBM Rp600 Ribu, Gampang Banget

1. Seorang pria diduga aparatur desa menerima uang hasil potongan

Viral Video BLT 'Disunat' Aparat Desa  Rp100 Ribu, Dalih Infaq MusalaVideo viral diduga aparatur desa potong BLT /@infoblora

Dalam video tersebut terlihat seorang pria yang diduga aparatur desa mendata nama-nama warga yang menerima BLT.

Sembari mendata, pria tersebut juga menerima uang pecahan Rp100 ribu dari warga, yang diduga hasil pemotongan BLT warga.

2. Warga terima BLT Rp900 ribu

Viral Video BLT 'Disunat' Aparat Desa  Rp100 Ribu, Dalih Infaq MusalaWarga di Jawa Timur mendapat BLT dampak kenaikan BBM di Jawa Timur (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Dalam unggahan tersebut disebutkan dana tersebut merupakan Bantuan Sosial (Bansos) BLT DD untuk penanganan COVID-19 triwulan ke-3, yang dibagikan pada Rabu, 7 September 2022 di Balai Desa Nglangita.

"Memang diterimakan utuh atau penuh kepada warga yang berhak dengan nominal sebesar 900 ribu per orang," sebut akun tersebut.

Baca Juga: Pos Indonesia Kebut Penyaluran BLT BBM di Daerah 3T

3. BLT warga 'disunat' Rp100 ribu untuk perangkat desa

Viral Video BLT 'Disunat' Aparat Desa  Rp100 Ribu, Dalih Infaq MusalaIlustrasi Memberi dan Menerima Uang. (IDN Times/Aditya Pratama)

Setelah mendapatkan uang BLT, warga berbondong-bondong menuju Balai Desa Keser, untuk menyerahkan atau menyetorkan sumbangan  Rp100 ribu per orang yang diserahkan kepada perangkat desa.

Mereka menyerahkan sumbangan tersebut sesuai arahan dari pengurus RT masing-masing, sewaktu membagikan undangan penerimaan bansos BLT tersebut kepada setiap warga.

4. Bupati Blora langsung turun lapangan

Viral Video BLT 'Disunat' Aparat Desa  Rp100 Ribu, Dalih Infaq MusalaBupati Blora Arief Rohman langsung menertibkan penarikan BLT di Desa Keser/Instagram@Ariefrohman838

Tidak lama setelah video tersebut viral, Bupati Blora, Arief Rohman, langsung menertibkan penarikan BLT di Desa Keser.

"Tadi pagi setelah dapat laporan ada penarikan iuran bantuan BLT di Desa Keser, Kecamatan Tunjungan kita langsung turun ke lapangan untuk menertibkan. Kita minta untuk dikembalikan semuanya, dan tim Saber Pungli Polres Blora turun memproses," ujar Arief di akun Instagramnya.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya