Viral, Video Penampakan Terakhir KRI Nanggala-402 Terekam Kamera

Detik-detik penampakan KRI Nanggala sebelum hilang kontak

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang memperlihatkan KRI Nanggala-402 di tengah lautan pada Selasa (20/4/2021), satu hari sebelum dinyatakan hilang, viral di media sosial.

Video tersebut rupanya direkam oleh salah seorang penumpang kapal Kelud saat berpapasan dengan KRI Nanggala-402. Terlihat detik-detik KRI Nanggala-402 mulai masuk perlahan dalam lautan.

"Tgl 20 April 2021, sempat terlihat oleh penumpang Kapal Kelud, pas-pasan sebelum dinyatakan hilang, Ini Penampakan terakhir, Slamat jalan pengawal Samudraku, doa kami dari seluruh anak negeri yang selama ini kau jaga," cuit pemilik Twitter @taufikaris1613, dikutip IDN Times, Senin (26/4/2021)

Sampai saat ini video tersebut sudah diretweet 5,6 ribu dan disukai 17,5 ribu pengguna Twitter.

1. KRI Nanggala-402 hilang kontak

Viral, Video Penampakan Terakhir KRI Nanggala-402 Terekam KameraKapal Selam KRI Nanggala-402 saat melakukan sailing pass di Dermaga Ujung, Koarmatim, Surabaya, Jawa Timur pada 25 September 2014. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Diketahui KRI Nanggala-402 hilang kontak pada Rabu (21/4/2021). Kapuspen TNI Mayjen TNI Achmad Riad menjelaskan KRI REM (RE Martadinata) mendeteksi adanya pergerakan di bawah laut dalam proses pencarian KRI Nanggala-402 yang hilang kontak.

Selain itu, KRI REM juga sebelumnya telah melaporkan adanya temuan tumpahan minyak di beberapa lokasi yang berbeda

"Di samping temuan minyak, KRI REM melaporkan secara lisan telah terdeteksi pergerakan di bawah air dengan kecepatan 2,5 knot," ujarnya dalam keterangan pers di siaran langsung Kompas TV, Kamis (22/4/2021).

Baca Juga: 5 Potret Badan KRI Nanggala 402 yang Terbelah 3 di Kedalaman 838 Meter

2. 53 prajurit yang bertugas di KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur

Viral, Video Penampakan Terakhir KRI Nanggala-402 Terekam KameraDoa bersama Marinir untuk pencarian KRI Nanggala-402 (dok. Dispen Kormar)

Namun setelah lima hari pencarian, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan 53 personel yang on board di dalam KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur saat melakukan tugas di perairan Utara Bali. Marsekal mengatakan bahwa 53 personel tersebut adalah prajurit terbaik yang dimiliki Hiu Kencana.

"Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku Panglima TNI, saya sampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur, semoga Tuhan Yang Maha Besar memberikan keikhlasan, kesabaran, dan ketabahan," katanya pada konferensi pers virtual melalui YouTube Puspen TNI, Minggu (25/4/2021).

3. Sejumlah bukti ditemukan

Viral, Video Penampakan Terakhir KRI Nanggala-402 Terekam KameraDeretan fakta Kapal Nanggala-402 yang dinyatakan hilang kontak di utara Bali pada 21 April 2021. (IDN Times/Sukma Shakti)

Ia menjelaskan beberapa bukti tenggelamnya KRI Nanggala-402. KRI Nigel dan ROC yang dikerahkan oleh MC Swift telah melakukan pemindaian secara akurat di lokasi KRI Nanggala-402 melakukan penyelaman menggunakan mulibeam sonar dan magnetometer, dengan pemindaian itu terlihat citra bawah air yang lebih detail.

"Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan sekat," katanya

Selain itu, ia juga mengatakan telah diperoleh citra kemudi selang timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11.

Baca Juga: Haru, Mensos Risma Temui Anak-anak Prajurit KRI Nanggala-402

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya