Viral Video Pungutan Liar pada Penumpang Saat Mudik Gratis  

Bupati Sumenep membenarkan ada penarikan biaya

Jakarta, IDN Times - Sebuah unggahan video yang memperlihatkan seorang pria diduga tengah memungut biaya pada penumpang kapal viral di media sosial.

Video tersebut diketahui terjadi di sebuah kapal yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep dalam rangka layanan mudik gratis bagi warga kepulauan selama arus mudik Lebaran 2022. 

1. Bupati Sumenep membenarkan ada penarikan biaya

Viral Video Pungutan Liar pada Penumpang Saat Mudik Gratis  Bupati Sumenep, Achmad Fauzi.Instagram.com/achmadfauziwy

Dikutip dari akun Instagram Dinas Kominfo Sumenep  @kominfosumenep Sumenep Achmad Fauzi membenarkan penarikan biaya seperti yang terekam dalam video viral tersebut.

Namun, penarikan yang terekam dalam video viral tersebut dilakukan kepada penumpang yang tidak memiliki tiket sesuai regulasi mudik gratis yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Mau Mudik? Tiket KA Mudik dari Gambir dan Pasar Senen Masih Tersedia 

2. Penumpang yang dipungut biaya tidak memiliki tiket

Viral Video Pungutan Liar pada Penumpang Saat Mudik Gratis  Viral video pungutan liar saat mudik gratis /dok Kominfo

Fauzi menjelaskan, warga kepulauan yang akan memanfaatkan layanan mudik gratis itu harus mengikuti segala ketentuan yang berlaku karena warga yang tak mengikuti ketentuan, bisa saja dikenai tarif berbayar oleh petugas kapal.

"Saya telah menanyakan masalah penarikan biaya tiket dan ternyata ada beberapa penumpang naik sebelum memiliki karcis atau tiket, akibatnya pihak kapal setelah memeriksa tidak mempunyai tiket, lalu ditarik karcis,” jelasnya.

3. Para penumpang sebaiknya mematuhi aturan dalam program mudik gratis

Viral Video Pungutan Liar pada Penumpang Saat Mudik Gratis  Sejumlah peserta mudik gratis menuju bus yang terparkir di Terminal Jatijajar, Kota Depok. (IDNTimes/Dicky)

Dia mengatakan, program kapal mudik gratis ke kepulauan merupakan bentuk nyata kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat kepulauan.

“Saya minta para penumpang mematuhi segala aturan ataupun persyaratan untuk mengikuti program mudik gratis ini, begitu pula pihak kapal agar memperhatikan kapasitas penumpang jangan sampai melebihi batas demi keselamatan penumpang,” imbaunya

Baca Juga: 7 Aksesoris Mobil Mudik, Biar Mudik Jadi Nyaman

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya