Viral, Video Ritual di Jember Sebelum Tersapu Ombak dan Berujung Maut

11 anggota Tunggal Jati Nusantara tewas dalam ritual nahas

Jakarta, IDN Times - Sebuah video yang diduga ritual kelompok Tunggal Jati Nusantara sebelum terseret ombak di Pantai Payangan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Minggu (13/2/2022), viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @borobudur_media, nampak beberapa orang duduk bersila dipinggir pantai Pantai Payangan pada malam hari.

"Beredar video kelompok Tunggal Jati Nusantara berendam di pantai selatan, Pantai Payangan tewaskan 11 orang karena tersapu ombak. Semoga menjadi pembelajaran untuk seluruh masyarakat agar menghindari akrivitas berbahaya," tulis akun tersebut.

Baca Juga: Ritual Berujung Maut, Bupati Jember Minta Penjagaan Pantai Diperketat 

1. Ritual mengusir ilmu hitam

Viral, Video Ritual di Jember Sebelum Tersapu Ombak dan Berujung MautRitual diduga Kelompok Tunggal Jati Nusantara/instagram @borobudur_media

Dalam video tersebut perekam video mengatakan ritual tersebut dilakukan untuk menetralisir black magic yang menyerang perempuan bernama Bintang.

"Inilah sosok yang pernah dikirim black magic sekarang tinggal menetralisir di pantai selatan Alhamdulah atas izin Allah bisa terlaksana," ucap perekam tersebut.

Baca Juga: Ritual Maut di Pantai Payangan Jember, Keluarga Sempat Larang Korban

2. Ritual untuk menenangkan diri

Viral, Video Ritual di Jember Sebelum Tersapu Ombak dan Berujung MautTim SAR gabungan melakukan pencarian korban terseret arus di Pantai Payangan, Desa Sumberejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur, Minggu (13/2/2022). Sebanyak 24 orang dari Kelompok Tunggal Jati Nusantara terseret arus Pantai Payangan mengakibatkan sepuluh orang meninggal dunia, satu orang dalam pencarian dan 13 orang selamat. ANTARA FOTO/Wahyu/sen/YU

Sebelumnya, pada Sabtu, 12 Februari 2022, tim Reskrim Polres Jember telah ke lokasi kejadian untuk pemeriksaan lebih lanjut.  Kasat Polairud Polres Jember, AKP M. Nai mengatakan rombongan tersebut berasal dari Kecamatan Panti, Patrang, Sukorambi, Sumbersari, Ajung dan Jenggawah Kabupaten Jember.

Nai menyebut dari hasil pemeriksaan sementara kepada korban yang selamat, aktivitas ritual yang dilakukan bertujuan untuk menenangkan diri. “Yang kita tahu mereka ingin menenangkan diri sendiri,” kata dia.

Baca Juga: 5 Fakta Ritual Berujung Maut di Pantai Jember

3. Pimpinan rombongan selamat

Viral, Video Ritual di Jember Sebelum Tersapu Ombak dan Berujung MautTim SAR gabungan membawa korban terseret arus di Pantai Payangan, Desa Sumberejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur, Minggu (13/2/2022). Sebanyak 24 orang dari Kelompok Tunggal Jati Nusantara terseret arus Pantai Payangan mengakibatkan sepuluh orang meninggal dunia, satu orang dalam pencarian dan 13 orang selamat. ANTARA FOTO/Wahyu/sen/YU

Menurut Nai, pimpinan rombongan masuk dalam daftar yang selamat dari ritual maut ini.

“Masih proses lidik dan mintai keterangan beberapa saksi. Tim Reskrim Polres Jember sudah bergerak. Pimpinan rombongan masuk dalam daftar yang selamat,” ujar dia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya