Comscore Tracker

Waduh! 9 Kecamatan di Kota Bekasi Masih Masuk Zona Merah COVID-19

Pemkot Bekasi gelar lomba RW Siaga berhadiah Rp1 miliar

Jakarta, IDN Times - Satuan Tugas COVID-19 merilis jumlah kasus positif di Kota Bekasi pada Kamis (13/8/2020) mencapai 648 kasus. Jumlah tersebut bertambah 22 kasus dari dua hari sebelumnya, Selasa (11/8/2020) dengan 626 kasus positif.

Dilansir dari situs corona.bekasikota.go.id, dari 648 kasus positif COVID-19, ada 569 pasien yang dinyatakan sembuh, dan 40 pasien positif yang meninggal.Sementara, ada 39 pasien positif yang masih dalam perawatan.

Dari 12 kecamatan di Kota Bekasi, 9 kecamatan di antaranya masih memiliki pasien COVID-19 yang artinya wilayah tersebut masih dalam zona merah.

1. Sebaran kasus positif 9 kecamatan

Waduh! 9 Kecamatan di Kota Bekasi Masih Masuk Zona Merah COVID-19Pelaksanaan swab test di RSUD Cibabat. IDN Times/Bagus F

Berikut ini sebaran kasus positif di 9 kecamatan hari ini.

1. Bekasi Barat 4 kasus

2. Bekasi Selatan 9 kasus

3. Bekasi Timur 2 kasus

4. Bekasi Utara 11 kasus

5. Jati Asih 5 kasus

6. Medan Satria 3 kasus

7. Mustika Jaya 2 kasus

8. Pondok Gede 2 kasus

9. Pondok Melati 1 kasus.

Baca Juga: Unik, Pengantin di Bekasi Gelar Resepsi Pernikahan Drive Thru

2. Pemkot Bekasi gelar lomba RW Siaga berhadiah Rp1 miliar

Waduh! 9 Kecamatan di Kota Bekasi Masih Masuk Zona Merah COVID-19Walikota Bekasi Rahmat Effendi memberikan keterangan usai rapit test massal di Stadion Patriot, Rabu (25/3) (IDN Times/Dini suciatiningrum)

Untuk memutus rantai rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Bekasi menggelar lomba RW Siaga berhadiah Rp1 miliar.

Dilansir laman Bekasikota.go.id, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan berdasarkan RW Siaga terbaik akan mendapatkan penghargaan berupa insentif pembangunan sarana dan prasarana wilayah senilai Rp1 miliar serta pembinaan oleh pemerintah daerah.

"Kegiatan ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran COVID-19 dan menekan angka tertularnya COVID-19 yang ada di Kota Bekasi dengan selalu menerapkan protokol kesehatan di setiap tempat," kata Rahmat

3. Kriteria RW Siaga di Bekasi

Waduh! 9 Kecamatan di Kota Bekasi Masih Masuk Zona Merah COVID-19Polresta Bandar Lampung menggelar rapid test gratis kepada pengendara. Kegiatan ini digelar di Tugu Adipura, Rabu (5/8/2020). (IDN Times/Martin L Tobing

Dia menjelaskan lomba RW Siaga terbagi atas tiga kriteria yakni RW Siaga Zero COVID-19 oleh Pemerintah Kota Bekasi, RW Zero Criminal oleh Polres Metro Bekasi Kota, serta RW Siaga Ketahanan Pangan dan Ekonomi Kemasyarakatan di bawah kendali Kodim 0507/Bekasi.

Penilaian RW Siaga Zero COVID-19 terbagi atas lima indikator di antaranya tingkat penyebaran kasus COVID-19 di wilayah RW, penerapan standar protokol kesehatan, inovasi dalam memutus rantai penyebaran, antisipasi masyarakat dalam pencegahan, serta kelengkapan sarana dan prasarana penanganan di wilayah RW.

"RW Zero Criminal dinilai berdasarkan sembilan indikator seperti jumlah kasus kriminalitas di wilayah RW, sarana dan prasarana penunjang keamanan, SOP keamanan, ketertiban administrasi penyelenggaraan, dan lain-lain," katanya.

Baca Juga: Ada 28 RW di 20 Kelurahan Bekasi Masuk Zona Merah, Berikut Sebarannya 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya