Wagub DKI akan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Rizieq Senin Depan

Wagub DKI Riza Patria akan mengklarifikasi kerumunan Rizieq

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria akan memenuhi panggilan Polda Metro Jaya untuk mengklarifikasi kerumunan massa dalam acara yang digelar pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab pada Senin (23/11/2020) mendatang.

Riza menerangkan surat panggilan dari Polda Metro Jaya sebenarnya sudah diterima pada Rabu (18/11/2020) malam dan dijadwalkan diperiksa untuk dimintai klarifikasi pada hari ini pukul 10.00 WIB.

"Akan tetapi karena tidak bisa, saya minta hari Jumat, tapi di Polda ada acara, jadi direncanakan hari Senin jam 11.00 WIB," ujar Riza pada wartawan di Jakarta, Kamis (19/11/2020).

1. Klarifikasi akan disampaikan sesuai fakta dan data

Wagub DKI akan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Rizieq Senin DepanMassa simpatisan Rizieq Shihab memasuki kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020) (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Riza memastikan akan memenuhi panggilan tersebut dan nantinya akan mengatakan semuanya sesuai dengan data dan fakta di lapangan.

"Siap saya akan datang. Gak masalah. Kita semua harus memenuhi undangan panggilan klarifikasi. Klarifikasi nanti akan kita sampaikan sesuai fakta dan data yang ada," imbuhnya.

Baca Juga: Dipanggil Polisi, Wagub DKI Jakarta Riza Patria Absen

2. Riza Patria tidak hadir karena ada kegiatan di luar Jakarta

Wagub DKI akan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Rizieq Senin DepanWagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Yusri Yunus mengatakan Polda Metro Jaya hari ini meminta klarifikasi empat orang yakni Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Widyastuti, Senior Manager Aviation Security Bandara Soekarno Hatta dan ketua panitia akad nikah putri Rizieq Shihab.

Tetapi ketua panitia akad nikah berhalangan hadir karena sakit. Sedangkan Riza Patria, berhalangan hadir karena ada kegiatan di luar Jakarta.

"Yang dua (orang) masih belum bisa hadir, minta dijadwalkan lagi ulang," kata dia.

3. Polisi masih meminta klarifikasi sejumlah pihak

Wagub DKI akan Penuhi Panggilan Polisi Terkait Rizieq Senin DepanKabid Humas Polda Meto Jaya, Komnes Pol Yusri Yunus (IDN Times/Axel Joshua Harianja)

Yusri menuturkan, sampai saat ini Kadinkes DKI dan Senior Manager Aviation Security Bandara Soetta masih diperiksa. Pihak bandara diperiksa untuk memastikan apakah Rizieq Shihab menjalani protokol kesehatan saat tiba di tahah air.

"Misalnya apakah sudah ada pengecekan swab test atau rapid test atau memang memiliki surat bahwa memang bebas sudah dilakukan protokol kesehatan," tuturnya.

Sejak Selasa 17 November 2020, polisi meminta klarifikasi sejumlah pihak terkait kerumunan di acara Rizieq Shihab. Mulai dari Gubernur DKI Anies Baswedan, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kepala Biro Hukum DKI Jakarta, Camat Tanah Abang, hingga KUA Tanah Abang.

 

Baca Juga: Anies Dipanggil Polda Metro soal Hajatan Rizieq, Ini Respons DPRD DKI

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya