Waspada! Dua Kasus Subvarian COVID-19 Arcturus Sudah Masuk Indonesia

Subvarian COVID-19 Arcturus picu kenaikan kasus

Jakarta, IDN Times - Kementerian Kesehatan mengumumkan dua kasus COVID-19 subvarian XBB 1.16 Arcturus sudah masuk Indonesia. Diketahui varian COVID-19 ini jadi pemicu melonjaknya kasus terbaru di India lantaran jenis tersebut lolos dari vaksinasi. 

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi membenarkan penemuan dua kasus tersebut.

"Betul (dua kasus) di DKI Jakarta," ujarnya saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (13/4/2024

 

1. Dua pasien subvarian Arcturus sudah sembuh

Waspada! Dua Kasus Subvarian COVID-19 Arcturus Sudah Masuk IndonesiaIlustrasi sampel uji PCR. (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Nadia menerangkan dua kasus tersebut merupakan sample yang diberikan pada Maret lalu. Saat ini kondisi dua pasien pun sudah sembuh, meski demikian Nadia mengakui subvarian ini cepat menular.

"Subvarian ini cepat menular bisa menambah kasus,apalagi kalau masyarakat tidak melakukan testing dan tetap melakukan aktivitas, sehingga bisa menyebarkan penularan ke orang lain," katanya.

 

Baca Juga: Kemenkes: Kasus TBC pada Anak Naik 200 Persen 

2. Jokowi akui ada kenaikan kasus COVID-19 jelang Lebaran

Waspada! Dua Kasus Subvarian COVID-19 Arcturus Sudah Masuk IndonesiaPresiden Joko “Jokowi” Widodo beri arahan dalam Rakornas BMKG 2022. (dok. YouTube Info BMKG).

Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengakui ada kenaikan kasus COVID-19 jelang Idul Fitri 2023. Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19, kenaikan kasus konfirmasi COVID-19 mencapai 45,74 persen. Begitu pula dengan kematian yang disebabkan oleh COVID-19, turut terjadi peningkat sebesar 44 persen. 

Data rincian yang dipaparkan oleh satgas pada periode 29 Maret 2023 hingga 4 April 2023 kasus COVID-19 yang ditemukan mencapai 2.949 kasus. Namun, angka itu naik selama rentang periode 5 April-11 April 2023, menjadi 4.298 kasus. 

Sedangkan, angka kematian dalam satu pekan terakhir bertambah 36 kasus. Pada periode 29 Maret-4 April 2023, angka kematian ada di angka 25. Kasus aktif pun kini sudah tembus ke angka 7.457.

"Memang ada kenaikan (kasus), tapi (angka kenaikan) kita masih jauh di bawah standar WHO (Badan Kesehatan Dunia) yakni 8.000. Di kita, (penambahan kasus COVID-19) mencapai 600 hingga 900. Saya kira kondisi kita masih terkelola, terkendali dengan baik," ungkap Jokowi di Depok, Jawa Barat pada Kamis, (13/4/2023). 

3. Jokowi dorong masyarakat segera booster

Waspada! Dua Kasus Subvarian COVID-19 Arcturus Sudah Masuk IndonesiaHumas Pemkot Tangerang

Oleh sebab itu, Jokowi mendorong masyarakat agar segera mendapatkan vaksin booster. Minimal booster pertama. 

"Vaksinasi itu penting. Booster itu penting, jadi yang belum ayo segera," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Selain itu, Jokowi juga yakin kondisi pandemik di Tanah Air terkendali lantaran membaca hasil serosurvei yang dilakukan pada Januari 2023 lalu. Hasilnya terungkap, bahwa imunitas yang dimiliki oleh warga mencapai 98,5 persen. 

"Artinya (imunitas) yang dimiliki tinggi sekali. Tapi, tetap hati-hati bagi yang belum (divaksinasi), apalagi belum (terima) booster, segera minta divaksinasi," tutur dia lagi. 

 

Baca Juga: [LINIMASA-7] Perkembangan Terkini Vaksinasi COVID-19 di Indonesia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya