Waspada! Varian COVID-19 XBB Sudah Masuk Indonesia

Hal tersebut disampaikan Menteri Kesehatan

Jakarta, IDN Times - Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan, virus Corona penyebab COVID-19 varian XBB sudah masuk ke Indonesia.

"Kita tahu, Singapura yang tadinya cuma ratusan kasusnya, sekarang naik menjadi 6 ribu kasus per hari, lebih tinggi dari penduduk Indonesia yang 2 ribu per hari karena ada varian baru XBB. Varian baru ini juga sudah masuk ke Indonesia," ujar Menkes dilansir YouTube FMB9, Jumat (21/10).

Dia mengatakan, Indonesia memang sudah berhasil menangani pandemik, namun masih ada tantangan karena akan ada variasi varian baru COVID-19.

"Tapi karena vaksinasi kita sangat baik, sekarang sudah 440 juta dosis disuntikkan ke lebih 240 juta warga sehingga imunitas kita baik dan protokol kesehatan kita relatif konservatif. Pak Presiden pernah nyuruh pakai masker sampai sekarang masyarakat terbiasa pakai masker," ujarnya.

Sementara, lanjut Budi, negara lain sudah percaya diri mengeluarkan kebijakan untuk membuka masker.

"Itu sebabnya kasus di Singapura naik tinggi. Mudah-mudahan Januari Februari (2023) kita hadapi potensi kenaikan dengan baik, sehingga Indonesia jadi salah satu negara di dunia yang sedikit sekali yang 12 bulan berurut-urut tidak melihat ada lonjakan. Tetap protokol kesehatan, jika belum booster segera booster," imbau Menkes.

Baca Juga: 3 Tahun Jokowi-Ma'ruf, Menkominfo Klaim Presiden Tanggap COVID-19

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya