Wow! Bandara Soetta Sediakan Ambulans Terbang, Begini Penampakannya

Layanan ini terkoneksi rumah sakit di Jabodetabek

Jakarta, IDN Times - Bandara Soekarno-Hatta memperkenalkan layanan baru yakni penerbangan untuk evakuasi medis (medical evacuation/medevac) menggunakan helikopter ambulans yang dioperasikan Whitesky Aviation.

Penerbangan medevac ini dilakukan di Cengkareng Heliport yang masih berada di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, dan terkoneksi dengan rumah sakit di Jabodetabek.

President Director of PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, layanan medevac ini bertujuan untuk membantu pihak yang membutuhkan penanganan medis secara cepat.

“Semangat dari medevac ini adalah menyediakan transportasi medis sangat cepat yang dilakukan dengan penerbangan helikopter, agar pasien dapat cepat mendapatkan penanganan lebih lengkap di rumah sakit yang ada di Jabodetabek," ujarnya dalam siaran tertulis diterima IDN Times, Minggu (22/9/2021).

Baca Juga: 10 Bandara Paling Sibuk se-Asia Tahun 2021, Soetta Nomor Satu!

1. Layanan medevac terbuka untuk umum yang memerlukan layanan medis cepat

Wow! Bandara Soetta Sediakan Ambulans Terbang, Begini PenampakannyaPenerbangan untuk evakuasi medis menggunakan helikopter ambulans di Bandara Soekarno-Hatta /dok Angkasa Pura

Layanan medevac terbuka untuk umum, termasuk juga dapat digunakan penumpang pesawat yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, dan memerlukan penanganan medis secara cepat di rumah sakit.

"Medevac ini merupakan salah satu upaya Bandara Soekarno-Hatta dalam melengkapi fasilitas dan layanan penerbangan, guna mengakomodir kebutuhan yang beragam. Kami berharap medevac ini dapat bermanfaat bagi khususnya terkait aspek medis,” ujar Awaluddin.

Medevac di Cengkareng Heliport ini juga dapat digunakan untuk memindahkan pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya, guna mendapatkan penanganan khusus.

2. Layanan helimedevac terdiri dari 2 tipe helikopter

Wow! Bandara Soetta Sediakan Ambulans Terbang, Begini PenampakannyaPenerbangan untuk evakuasi medis menggunakan helikopter ambulans di Bandara Soekarno-Hatta /dok Angkasa Pura

CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengatakan, armada helikopter yang digunakan untuk layanan helimedevac terdiri dari dua tipe.

“Pertama adalah type Bell 505 dan kedua adalah type Bell 429. Dua helikopter ini juga dilengkapi tim medis dan perlengkapannya sesuai kebutuhan, guna memastikan penanganan terbaik selama pasien diantarkan menuju rumah sakit. Kemudian, Heliport Emergency Unit yaitu fasilitas dalam heliport diperuntukkan guna penanganan sementara kondisi darurat pasien, sebelum dibawa menggunakan helikopter ke rumah sakit,” papar Denon.

3. Layanan medevac diperkuat paramedis

Wow! Bandara Soetta Sediakan Ambulans Terbang, Begini PenampakannyaIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Denon menambahkan layanan medevac diperkuat dengan paramedis profesional.

“Medevac dari Cengkareng Heliport diperkuat oleh tim paramedis yang mampu melakukan penanganan medis bagi pasien di helikopter, untuk memastikan pasien mendapat penanganan yang tepat selama penerbangan ke rumah sakit," ujarnya.

4. Tersedia juga ambulans menuju rumah sakit

Wow! Bandara Soetta Sediakan Ambulans Terbang, Begini PenampakannyaIDN Times/Muhamad Iqbal

Cengkareng Heliport juga menyiapkan kendaraan ambulans, jika sesuai kebijakan paramedis pasien dapat melakukan perjalanan darat untuk menuju rumah sakit.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai layanan medevac di Cengkareng Heliport ini, dapat mengunjungi situs resmi Whitesky Aviation di www.whitesky.co.id.

Baca Juga: Top! Bandara Soetta Raih World’s Best Staff Airport 2021 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya