Comscore Tracker

Wow! Ini Potret Super Blood Moon yang Terlihat Sempurna di Manado

Fenomena serupa diprediksi terjadi lagi di tahun 2039

Jakarta, IDN Times - Gerhana Bulan total atau Super Blood Moon dapat disaksikan di langit sebagian besar wilayah Indonesia pada Rabu (26/5/2021) petang. Penampakan puncak Super Blood Moon ini bahkan terlihat jelas di Manado, Sulawesi Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menginformasikan gerhana Bulan total fase (U3) terjadi di Manado.

"Puncak Gerhana Bulan Total (Super Blood Moon) telah selesai.😌🙏
Alhamdulillah kita bisa menyaksikan fenomena yang diperkirakan hanya terjadi 100 tahun sekali di lokasi yang sama ini," tulis akun Facebook BMKG dengan mengungah sebuah gambar gerhana bulan total berwarna merah.

Foto gerhana Bulan total tersebut terlihat lokasi serta waktu pengambilan gambar. Unggahan tersebut setidaknya mendapat 2,1 ribu likes dari warganet.

1. Indonesia timur adalah tempat terbaik mengamati super blood moon 2021

Wow! Ini Potret Super Blood Moon yang Terlihat Sempurna di ManadoSuper Blood Moon /Facebook BMKG

Baca Juga: Simak! Ini Keistimewaan Gerhana Bulan Total pada 26 Mei 2021

Indonesia adalah salah satu wilayah yang mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan gerhana Bulan total kali ini. Tempat terbaik untuk mengamatinya adalah Indonesia bagian timur.

Masyarakat yang tinggal di area tersebut dapat melihat proses gerhana dari awal hingga akhir.

Menurut laporan dari Info Astronomy, gerhana akan dimulai pukul 16.44 WIB (17.44 WITA dan 18.44 WIT). Peristiwa ini dimulai dengan masuknya Bulan ke bayangan umbra Bumi. Satelit alam tersebut secara perlahan akan diselimuti bayangan berwarna merah. 

Sayangnya, fase pertama gerhana ini hanya bisa disaksikan di Indonesia timur. Sebab Bulan belum terbit di area Indonesia tengah dan barat pada waktu tersebut (16.44 WIB dan 17.44 WITA). 

2. Puncak gerhana hampir terlihat di semua wilayah Indonesia

Wow! Ini Potret Super Blood Moon yang Terlihat Sempurna di ManadoPotret Gerhana Bulan dari Manado

Memasuki puncak gerhana, hampir seluruh wilayah Indonesia akan bisa menyaksikannya. Fase ini ditandai dengan Bulan yang tampak merah karena sudah masuk ke area umbra Bumi sepenuhnya. Fase puncak gerhana Bulan total ini bisa disaksikan mulai pukul 18.11 WIB (19.11 WITA dan 20.11 WIT). 

Pada fase puncak ini, Bulan tampak merah gelap seperti darah. Kamu tidak boleh melewatkan pemandangan langka ini!

Kemudian, mulai pukul 18.25 WIB (19.25 WITA dan 19.25 WIT), warna Bulan akan memudar secara perlahan. Gerhana ini selesai pada pukul 19.52 WIB (20.52 WITA dan 21.52 WIT). 

3. Peristiwa yang sama baru akan terjadi di tahun 2039

Wow! Ini Potret Super Blood Moon yang Terlihat Sempurna di ManadoGerhana bulan total Super Blood Moon. bmkg.go.id

Gerhana Bulan total yang terjadi di 26 Mei 2021 ini merupakan peristiwa langka. Menurut prediksi Planetarium Jakarta, fenomena yang sama baru bisa diamati lagi di Indonesia pada tahun 2039. Lama banget, kan ya?

Hal ini menjadi alasan yang kuat kenapa kamu tidak boleh melewatkannya. Apalagi, fenomena ini bisa dilihat dengan mata telanjang. Kamu tidak perlu menyiapkan teleskop, kecuali jika ingin mengamati Bulan dengan lebih dekat. 

Baca Juga: Niat dan Tata Cara Salat Gerhana Bulan

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya