Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah di Sumut Mulai Puasa Besok

Sesuai Hisab Qamariah

Medan, IDN Times - Berdasarkan hisab yang dilakukan Majelis Fatwa Tarekat Naqsyabandiyah Al Khoiriyah Al Islamiyyah di Sumatera Utara akan memulai ibadah puasa Ramadan 1440 H, Sabtu (4/5). Penghitungan hisab Qamariah dilakukan oleh tim hisab tarekat yang berpusat di Bandar Tinggi, Simalungun, Sumut ini.

"Hasil hisab qamariyah yang kita lakukan, 1 Ramadan 1440 H jatuh pada Sabtu 4 Mei 2019,” kata Syekh Muda Muhammad Yusuf Hamdani, Sekretaris Majelis Fatwa Tarekat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah.

Baca Juga: Mau Puasa Nih, Ini 5 Takjil yang Paling Dicari Warga Medan

1. Malam ini sudah mulai tarawih

Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah di Sumut Mulai Puasa BesokSurvincity.com

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Tareqat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah menjalani ibadah puasa genap 30 hari. 

Berdasarkan hasil penetapan 1 Ramadan 1440 H yang jatuh pada 4 Mei 2019, jemaah Tareqat Naqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah akan serentak melaksanakan ibadah salat tarawih yang dimulai pada Jumat (3/4) malam. Tarawih berjamaah dilakukan di sejumlah lokasi yang menjadi pusat tarekat ini, seperti di masjid Pondok Pesantren Yayasan Dr Syekh Salman Daim di Bandar Tinggi, Simalungun.

2. Informasi sampai ke seluruh jamaah

Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah di Sumut Mulai Puasa Besokislamidia.com

Khusus untuk jemaah yang bermukim di Kota Medan, salat tarawih berjamaah dilaksanakan di rumah suluk Tarekat Naqsyabandiyah Al Kholidiyah yang berada di Jalan Kongsi Gang Leman Harahap, Marindal, Deli Serdang.

Ketetapan awal Ramadan 1440 H ini sudah disampaikan kepada semua jemaah TarekatNaqsyabandiyah Al-Kholidiyah Jalaliyah yang ada di seluruh Indonesia.

3. Diperkirakan jamaah Naqsyabandiyah sampai 10 ribu orang

Jamaah Tarekat Naqsyabandiyah di Sumut Mulai Puasa Besokprelo.co.id

Yusuf menjelaskan jumlah jamaah Naqsyabandiyah di Sumut cukup banyak. Meskipun tidak didata secara resmi.

“Untuk jumlah pasti jamaah di Sumut kita belum ada mendata. Tapi jika kita perkirakan, jamaah yang ada berkisar antara lima ribu hingga 10 ribu orang,” jelas Yusuf.

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya