Keren! Polisi Menyamar Jadi Emak-emak lalu Ringkus Komplotan Begal

Begal kerap lukai korbannya

Medan, IDN Times - Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Timur berhasil mengungkap kasus pencurian dengan kekerasan atau yang lebih dikenal dengan sebutan begal, Senin (16/7). Uniknya, Tim Pegasus Polsek Medan Timur melakukan penyamaran untuk memancing para komplotan begal keluar dari sarangnya. 

Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto mengatakan, kasus begal terungkap atas laporan dari korbannya Indah Kristiani Siringoringo. Ibu rumah tangga ini dibegal para pelaku saat melintas di Jalan Perkebunan, Kelurahan Pulau Brayan, Kecamatan Medan Perjuangan, pada 25 Juni lalu sekira pukul 06.30 WIB.

"Para pelaku memepet hingga korban terjatuh. Akibat kejadian itu korban mengalami luka-luka dan kehilangan sepeda motornya," kata Dadang kepada wartawan saat memaparkan kasus di Polrestabes Medan, Selasa (16/7).

Baca Juga: 17 Kali Beraksi, Begal dalam Video Viral Jalan Sutrisno Ditangkap

1. Para pelaku sudah beraksi di lima lokasi

Keren! Polisi Menyamar Jadi Emak-emak lalu Ringkus Komplotan BegalIDN Times/Fadli Syahputra

Berdasarkan laporan korban, polisi melakukan penyelidikan dan berhasil mengetahui bahwa pelaku yang membegal korban berjumlah tiga orang. Ketiganya yaitu IA (24), MF (17) dan SY (21). Mereka diringkus dari lokasi yang berbeda.

Berdasarkan pengembangan, ketiga pelaku mengaku sudah beberapa kali melakukan aksi yang sama di wilayah hukum Polrestabes Medan. Untuk di wilayah Kecamatan Medan Timur saja mereka sudah empat kali beraksi di lokasi berbeda. Setiap beraksi mereka berhasil mengambil sepeda motor korbannya.

"Tapi, kita mampu menyelesaikan sebanyak lima Laporan Pengaduan (LP). Satu LP-nya masih di wilayah kita yaitu daerah Belawan. Kita masih kembangkan lagi termasuk barang buktinya," ungkap Dadang.

2. Komplotan begal ini terkenal sadis dan tak segan melukai korbannya

Keren! Polisi Menyamar Jadi Emak-emak lalu Ringkus Komplotan BegalIDN Times/Fadli Syahputra

Komplotan begal ini dikenal tidak segan-segan untuk melukai para korban saat melancarkan aksinya. Tak cuma terkenal sadis, komplotan yang diketuai IA (24) terkenal licin.

"Akibat aksi para pelaku, Indah (korban) mengalami beberapa luka yang cukup serius dan harus dirawat di rumah sakit," jelas Dadang.

3. Polisi menyamar jadi emak-emak untuk memancing para pelaku

Keren! Polisi Menyamar Jadi Emak-emak lalu Ringkus Komplotan BegalDok.IDN Times/istimewa

Kapolsek Medan Timur Kompol M Arifin menambahkan, setalah mendapat laporan korban tim Pegasus Polsek Medan Timur melakukan penyelidikan di lokasi kejadian. Selang beberapa hari tim belum berhasil mengidentifikasi para pelaku.

Tak mau menyerah begitu saja, sambung Arifin, ia dan Tim Pegasus berpikir keras mencari cara untuk memancing para pelaku keluar dari persembunyiannya. Polisi akhirnya menemukan ide untuk menyamar menjadi mirip emak-emak atau Ibu-ibu yang mengendarai motor. Caranya mengenakan daster dan jilbab.

"Setelah mempelajari cara main para pelaku. Kita akhirnya mendapat ide untuk melakukan penyamaran. Personel kita kenakan pakaian daster dan jilbab," kata Arifin kepada IDN Times di Polrestabes Medan usai paparan kasus berlangsung.

4. Komplotan begal pun terjebak

Keren! Polisi Menyamar Jadi Emak-emak lalu Ringkus Komplotan Begal

Setelah dipastikan tidak mencurigakan, lanjut Arifin, Tim bergerak ke lokasi para pelaku melancarkan aksinya. Setibanya di lokasi, personel yang menyamar berpura-pura lalu lalang dengan dipantau tim yang lain dari kejauhan.

"Ternyata kerja keras kita membuahkan hasil. Komplotan begal keluar dan berusaha untuk membegal personel yang menyamar. Melihat target, tim langsung melakukan penyergapan dan berhasil meringkus para pelaku," ungkap Arifin.

"Atas kejadian ini, kita mengimbau kepada masyarakat khususnya kaum ibu agar selalu waspada pada saat berkendara sendirian. Dan hindari jalan-jalan sunyi pada saat berkendara seorang diri," imbau Arifin.

Baca Juga: BNN Salah Tembak Dilaporkan ke Polisi, Humas: Itu Hak Warga Negara

Topik:

  • Doni Hermawan

Berita Terkini Lainnya