Comscore Tracker

Ditawari Kursi Wakil Gubernur DKI Lagi, Begini Jawaban Sandiaga Uno 

Sampai saat ini kursi wakil gubernur DKI masih kosong

Jakarta, IDN Times - Sandiaga Uno menolak tawaran Gerindra untuk menduduki lagi kursi Wakil Gubernur DKI yang pernah ditinggalkannya.

"Sandi (Sandiaga Uno) gak mau," kata Kedua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik seperti dikutip dari Antara, Kamis (7/11).

1. Sandiaga tinggalkan kursi wakil gubernur DKI saat maju Pilpres 2019

Ditawari Kursi Wakil Gubernur DKI Lagi, Begini Jawaban Sandiaga Uno IDN Times / Irfan Fathurohman

Sandiaga meninggalkan kursi wakil gubernur DKI Jakarta saat maju dalam bursa pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

Saat itu Sandiaga berpasangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Keduanya antara lain diusung Gerindra, PAN, dan PKS.

Namun Sandiaga dan Prabowo gagal menuju istana setelah dikalahkan pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

2. Sampai saat ini kursi wakil gubernur DKI masih kosong

Ditawari Kursi Wakil Gubernur DKI Lagi, Begini Jawaban Sandiaga Uno IDN Times/Shemi

Sepeninggal Sandiaga hingga hari ini kursi wakil gubernur DKI masih kosong. Tarik menarik antara Gerindra dengan PKS membuat perebutan kursi DKI 2 menjadi berlarut-larut.

Gerindra pernah melayangkan surat berisi empat nama calon pengganti Sandiaga ke PKS pada 17 Oktober 2019. Keempat nama itu yakni Dewan Penasehat Gerindra Arnes Lukman, Waketum DPP Gerindra Ferry J Yuliantoro, Wasekjen DPP Gerindra Ariza Patria, dan Sekda DKI Saefullah.

Namun hingga saat ini PKS belum merespons surat tersebut. "Belum ada kesepakatan," kata Taufik.

3. Gerindra kerucutkan calon wakil gubernur DKI

Ditawari Kursi Wakil Gubernur DKI Lagi, Begini Jawaban Sandiaga Uno (Foto hanya Ilustrasi) IDN Times/Aan Pranata

Karena keempat nama tersebut tak direspons PKS, Gerindra kemudian mengajukan dua calon lain, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Kedua nama ini telah disepakati kedua partai.

Namun Ketua Dewan Syuro DPW PKS Abdurrahman Suhaimi mengatakan pihaknya belum menerima surat berisi perubahan nama calon pengganti Sandiaga yang diusulkan Gerindra.

"Belum tahu saya, tuh. Lagipula jika surat ke DPP tanya Pak Sohibul Iman," kata Abdurrahman Suhaimi seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Sandiaga: Prabowo Siap Jadi Menhan 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You