GrabFood Ungkap 5 Fakta Mengejutkan di Balik Menu Ramadan Tahun Ini 

4,2 juta porsi ayam goreng terjual selama Ramadan

Jakarta, IDN Times - Gak berasa ya hari ini kita memasuki hari terakhir Ramadan. Ada rasa bahagia, ada sedihnya juga. Bahagia karena kita berhasil menahan lapar dan haus selama 30 hari.

Namun pada saat yang sama kita juga bersedih karena Ramadan segera berlalu dan kita belum tentu bertemu lagi dengannya tahun depan.

Apalagi Ramadan tahun ini berbeda banget. Sebab virus corona membuat kita terpaksa harus membatalkan semua acara buka bersama dan berkumpul bersama teman-teman.

Agak kurang seru memang, tapi situasi ini justru menjadikan ibadah Ramadan kita kali ini semakin khidmat. Jadi, meski wabah di tengah corona, Ramadan tahun ini tetap menarik.

Apalagi banyak perilaku dan kebiasaan kita yang berubah, loh. Salah satunya di bidang kuliner. GrabFood mencatat setidaknya ada 5 hal yang mengejutkan selama Ramadan di masa pandemik virus corona.

1. Jumlah ayam goreng yang terjual jika dijejer setara jarak Ancol-Gedung Sate!

GrabFood Ungkap 5 Fakta Mengejutkan di Balik Menu Ramadan Tahun Ini IDN Times/Dwi Agustiar

Tahu gak sih kalau selama Ramadan ini ada lebih dari 4,2 juta menu olahan ayam goreng yang terjual? GrabFood menghitung, jika 4,2 juta porsi ayam goreng tersebut dijejer, maka panjangnya tembus 168 kilometer atau setara jarak Ancol di Jakarta Utara ke Gedung Sate di Bandung!

GrabFood juga mencatat ada perubahan menu ayam goreng pada Ramadan kali ini. Jika tahun lalu menu ayam penyet menjadi favorit, maka tahun ini menunya lebih variatif, yakni egg chicken roll dan ayam goreng crispy yang menjadi incaran.

Selain itu tahun ini juga muncul dua 2 menu favorit baru, yaitu ikan sambal matah dan
juga bebek goreng.

Sementara jika melihat dari asal kota pemesan, maka orang Surabaya paling sering
memesan mie ayam pedas dan udang keju. Orang Medan lebih sering membeli nasi urap dan kwetiau goreng. Ada pun orang Makassar lebih sering memesan jalangkote dan es pisang ijo

2. Pisang goreng tak lagi menjadi primadona saat berbuka

GrabFood Ungkap 5 Fakta Mengejutkan di Balik Menu Ramadan Tahun Ini Thespruceeats.com

Pada tahun 2019, pisang goreng hangat menjadi favorit untuk berbuka puasa. Tahun ini berbeda. Sebab menu yang paling sering dipilih masyarakat untuk berbuka melalui aplikasi GrabFood adalah udang rambutan dan mie pedas. Sementara untuk minuman berbuka, susu segar paling banyak dicari.

Jika kita melihat data di tiap kota, es krim menjadi favorit bagi masyarakat di Surabaya dan Bandung. Untuk masyarakat Medan, milk tea dengan Bubble yang segar menjadi nomor satu. Sedangkan di Makassar, menu lokal khas es pisang ijo tetap di hati.

3. Masyarakat sangat terbantu dengan fitur pengantaran terjadwal

GrabFood Ungkap 5 Fakta Mengejutkan di Balik Menu Ramadan Tahun Ini Dok. Grab Indonesia

GrabFood memperkenalkan fitur Pengantaran Terjadwal pada bulan lalu. Dengan fitur ini, pelanggan dapat memesan makanan 2 hari hingga 2 jam sebelum waktu pengantaran.

Data Grab menunjukkan 70 persen masyarakat memanfaatkan fitur ini untuk memesan hidangan berbuka, mulai pukul 12.00- 15.00 WIB untuk diantarkan pada pukul 16.30-18.00 WIB.

Sebanyak 5 persen pengguna fitur Pengantaran Terjadwal juga memanfaatkan fitur ini untuk memesan hidangan untuk sahur, yang diantarkan antara pukul 02.00- 03.30 WIB.

4. Jumlah pesanan terbanyak berasal dari Bali!

GrabFood Ungkap 5 Fakta Mengejutkan di Balik Menu Ramadan Tahun Ini Dok. Grab Indonesia

Ada satu fakta lagi yang sangat menarik, yakni ada satu pelanggan yang memesan 27 porsi aneka makanan dalam sekali pesan. Pesanan ini tercatat sebagai pesanan terbanyak yang pernah dilakukan seorang pelanggan GrabFood dalam sekali pesan.

Uniknya, pemesan tersebut berasal dari Bali. Ia antara lain memesan spaghetti carbonara, steak sapi, nasi goreng, grilled chicken, dan masih banyak. Total harga pesanan mencapai hampir Rp2 juta. Dengan uang sebanyak itu, kamu bisa membeli 133 porsi ayam penyet dan nasi. Bisa untuk buka puasa dan sahur lebih dari 2 bulan!

5. GrabKitchen juga diburu!

GrabFood Ungkap 5 Fakta Mengejutkan di Balik Menu Ramadan Tahun Ini grab.com

Selain GrabFood, masyarakat juga dapat memesan dari jaringan cloud kitchen GrabKitchen di berbagai kota di Indonesia. GrabKitchen menawarkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memesan lebih dari satu jenis makanan sekaligus dalam satu pesanan, melalui fitur All in One!

Menu Bento dan Oriental, serta menu sehat seperti salad dan wrap menjadi kesukaan masyarakat yang memesan makanan di GrabKitchen. Untuk menghilangkan dahaga, mereka juga memesan Es Kopi dan aneka kreasi Teh seperti Cheese Tea dan Bubble Tea yang saat ini lagi ngetren!

Biasanya, masyarakat Indonesia melakukan pemesanan di GrabKitchen pada pukul 16.00-20.00 WIB dan hari tersibuk untuk GrabKitchen adalah Sabtu dan Minggu yang berarti akhir pekan, waktunya makan-makan!

Baca Juga: Data Ramadan Grab: Ini 5 Bukti Masyarakat Indonesia Foodies Sejati

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya