Comscore Tracker

Gua Tempat 12 Anak Thailand Pernah Terjebak Kini Ditutup

Karena belum cukup aman untuk dikunjungi

Chiang Rai, IDN Times - Masih ingat kisah 12 anak laki-laki pemain sepak bola dan pelatih mereka yang terjebak selama 12 hari di dalam Gua Tham Luang, Thailand? 

Kisah dramatis yang terjadi pada 23 Juni - 8 Juli 2018 ini mendapat sorotan dunia sampai akhirnya semua anak dan pelatih tersebut berhasil diselamatkan. 

Kini anak-anak tersebut telah kembali ke keluarganya. Namun Gua Tham Luang tak bisa lagi dikunjungi publik.  

"Karena belum aman," kata Nuanwan Hansanawin, pemandu wisata, kepada IDN Times, Minggu (24/9). 

1. Lokasi Gua Tham Luang di perbukitan

Gua Tempat 12 Anak Thailand Pernah Terjebak Kini DitutupIDN Times/Dwi Agustiar

Gua Tham Luang berada di utara Thailand, tepatnya di Tham Luang-Khun Nam Nang, Mae Sai, Chiang Rai. Dari Bandara International Airport Chiang Rai jaraknya sekitar 60 kilometer atau kira-kira 90 menit perjalanan dengan mobil. 

Namun pengunjung hanya dibolehkan memarkir mobil di tepi jalan. Selebihnya mereka harus berjalan kaki sejauh kira-kira 400 meter untuk sampai di mulut gua. 

Baca Juga: Wisata: Melacak Jejak Opium di Golden Triangle

2. Udara segar di lokasi Gua Tham Luang

Gua Tempat 12 Anak Thailand Pernah Terjebak Kini DitutupIDN Times/Dwi Agustiar

Jalan menuju gua lumayan memeras keringat. Sebab, meski jaraknya tidak begitu jauh, namun cuaca siang hari di tempat ini lumayan terik. Meski begitu, pemandangan di sekitar gua cukup memanjakan mata. 

Bukit-bukit hijau membentang di sekitar gua. Selain itu udara di sini juga terasa segar karena masih banyak pohon. Maklum, lokasi ini masuk dalam wilayah hutan.

"Sebaiknya Anda membawa payung. Sebab bisa melindungi Anda dari terik matahari dan hujan," kata Nuanwan. 

3. Gua Tham Luang sementara tak bisa diakses

Gua Tempat 12 Anak Thailand Pernah Terjebak Kini DitutupIDN TImes/Dwi Agustiar

Sayang saya tak bisa masuk ke gua karena pagar menuju ke sana digembok. Seorang petugas mengatakan penutupan dilakukan karena kondisi gua belum cukup aman dikunjungi. 

"Juga karena masih ada beberapa alat penyelamatan yang belum dikeluarkan dari gua," kata Nuanwan mengutip ucapan petugas penjaga gua. 

Alat penyelamatan yang dimaksud adalah alat-alat yang digunakan untuk menyelamatkan 12 anak dan pelatih mereka beberapa waktu lalu. 

4. Gua Tham Luang tetap ramai dikunjungi

Gua Tempat 12 Anak Thailand Pernah Terjebak Kini DitutupIDN TImes/Dwi Agustiar

Meski pun akses masuk gua telah ditutup, namun pengunjung tetap berdatangan. Bahkan, kata Nuanwan, jumlahnya lebih banyak dari sebelum insiden terjebaknya 12 anak dan pelatih mereka. 

"Mungkin karena pemberitaan yang masif membuat gua ini kini menjadi lebih terkenal," katanya.

Oya, mulut Gua Tham Luang berada di salah satu tebing bukit. Jaraknya sekitar 10 meter dari pagar yang digembok. Panjang gua ini diperkirakan mencapai 10 kilometer. "Konon tembus sampai ke Burma (Myanmar)," kata Nuanwan. 

5. Gua Tham Luang juga dikenal sebagai Sleeping Lady

Gua Tempat 12 Anak Thailand Pernah Terjebak Kini DitutupIDN TImes/Dwi Agustiar

Gua Tham Luang punya nama lain, yakni Sleeping Lady. Sebab, menurut warga setempat, perbukitan yang mengelilingi gua jika dilihat dari jauh bentuknya seperti perempuan yang sedang tertidur. 

Di depan mulut gua sendiri terdapat bangunan kecil tanpa dinding. Di dalam bangunan tersebut terdapat patung Budha sedang tertidur. Tak jauh dari situ berjejer lilin kuning tempat warga memanjatkan doa. 

Baca Juga: Rindu Masa Remaja? Tonton 5 Film Thailand Ini Lagi Yuk!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya