LINIMASA: Daftar Kecelakaan Arus Mudik 2018

Jangan sampai ini jadi mudik terakhirmu, ya!

Jakarta, IDN Times - Setiap tahun selalu ada cerita sedih di balik keceriaan mudik, yakni tentang mereka yang tak pernah kembali dari kampung karena tewas di perjalanan.

Tahun lalu, misalnya, tercatat 742 orang pemudik tewas. Kepala Korps Polisi Lalu Lintas Brigadir Jenderal Royke Lumowa menyebut jumlah korban tewas itu sudah menyusut dari tahun sebelumnya (2016) sebanyak 1.261 orang. Namun, tetap saja, ratusan korban tewas tak bisa dibilang sedikit. Apalagi mereka tewas justru di hari raya. Ironis.

Mari berharap mudik kali ini tak banyak menelan korban jiwa. Sebab infrastruktur sudah semakin bagus dan kesadaran masyarakat akan kelaikan kendaraan,sudah semakin tinggi.

Kami akan menyajikan laporan seputar kecelakaan mudik/arus balik di laman ini dan akan terus mengupdatenya.

Sabtu, 9 Juni 2018: Kecelakaan Beruntun di Tol Cipali

LINIMASA: Daftar Kecelakaan Arus Mudik 2018  IDN Times/Sukma Shakti

Kecelakaan beruntun terjadi di ruas Tol Cipali KM 181 arah Palimanan sekitar pukul 13.30 WIB. Ada enam kendaraan yang saling bertabrakan pada insiden tersebut, tiga di antaranya adalah bus panjang dan tiga lainnya adalah mobil minibus milik pemudik. 

Tidak ada korban jiwa pada kecelakaan tersebut, meski empat orang harus menderita luka ringan. Hingga saat ini, polisi masih menelusuri penyebab kecelakaan itu.

Arus lalu lintas di lokasi terpantau padat. Guna menyiasati penumpukan kendaraan akibat insiden ini, petugas setempat memberlakukan buka-tutup jalan pada kilometer 174.

Sabtu, 9 Juni 2018: Kecelakaan bus di Aceh, 11 terluka 

LINIMASA: Daftar Kecelakaan Arus Mudik 2018  Sukma Shakti/IDN Times

Sejumlah pelajar dan mahasiswa mengalami luka-luka setelah minibus yang mereka naiki menabrak truk barang dalam perjalanan mudik ke pelabuhan penyeberangan Labuhan Haji, Aceh Selatan.

Minibus tersebut menabrak truk di jalan nasional di Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya, Sabtu (9/6) sekitar pukul 07.00 WIB.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Namun 11 pelajar dan mahasiswa dilaporkan mengalami luka-luka..

Senin, 11 Juni: Angka kecelakaan menurun  

LINIMASA: Daftar Kecelakaan Arus Mudik 2018  IDN Times/Sukma Shakti

Kasubdit Laka Korlantas Mabes Polri Kombes Joko Rudi mengatakan sampai H-5 lebaran telah terjadi 163 kecelakaan. Namun angka ini menurun dari periode yang sama pada tahun sebelumnya sebanyak 296 kecelakaan.

Korban meninggal dunia juga menurun. Pada 2017 ada 90 orang meninggal dunia hingga H-5 lebaran. Tahun ini korban tewas 40 orang. 

Selasa, 12 Juni 2018  

LINIMASA: Daftar Kecelakaan Arus Mudik 2018  Twitter/@@TMCPoldaMetro

Mobil Avanza berwarna putih mengalami kecelakaan di ruas KM 153 Tol Cipali, Jawa Barat, Selasa (12/6). Insiden tersebut terjadi pada pukul 10.30 WIB. Petugas setempat menjelaskan, awalnya mobil tersebut menabrak tiang pembatas jalan tol sebelum akhirnya terguling.

Tidak ada korban jiwa pada kecelakaan tersebut. Sang sopir hanya mengalami luka ringan dan segera mendapat perawatan di rumah sakit terdekat. Lalu lintas sempat tersendat sebelum akhirnya mobil berhasil dievakuasi oleh polisi setempat.

Selasa, 12 Juni 2018: 2 petugas tol tewas ditabrak

LINIMASA: Daftar Kecelakaan Arus Mudik 2018  IDN Times/Sukma Shakti

Kecelakaan maut terjadi di ruas tol Cipali dari arah Jakarta yang akan menuju ke Cirebon, tepatnya di KM 126,200 A. Kali ini korbannya adalah dua orang petugas tol. Kecelakaan sendiri terjadi pada Selasa (12/06) siang sekitar pukul 12.05 WIB

Kronologis kecelakaan bermula dari kendaraan sedan Chevrolet B 1192 EVC yang dikemudikan oleh Abdullah (21) melaju di ruas jalan tol tersebut. Dengan keadaan jalur yang lenggang, Abdullah yang dalam keadaan mengantuk kemudian membanting setir dan oleng ke kiri hingga membentur kedua korban hingga meninggal dunia.

Dua korban yang meninggal tersebut atas nama Fahmi Hasyim (26) seorang petugas patroli LMS dan Rustiana (44) seorang petugas derek.

Sementara itu untuk pengemudi sedan maut tersebut saat ini diamankan oleh pihak Kepolisian untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

Rabu, 13 Juni 2018: Minibus dengan 15 penumpang alami kecelakaan di Tol Pejagan  

LINIMASA: Daftar Kecelakaan Arus Mudik 2018  Dok. IDN Times

Sebuah minibus yang mengangkut 15 penumpang mengalami kecelakaan tunggal di Tol Pejagan arah Pemalang pada KM 308. Kecelakaan terjadi pada Rabu (13/6) sekitar pukul 11:45 WIB. 

Kakorlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan kecelakaan terjadi karena ban pecah saat kendaraan mencapai kecepatan 80 kilometer/jam. Alhasil bus mini bernomor K 1125 JC itu berguling ke arah kanan. 

Tidak ada korban jiwa pada kecelakaan tersebut. Para penumpang yang terluka segera dilarikan ke rumah sakit terdekat. Imbas kecelakaan terjadi kemacetan sepanjang 2 kilometer. Menyiasati hal itu, Royke memutuskan untuk memberlakukan Contra Flow sepanjang kilometer 305-308

Kamis, 14 Juni 2018: Tiga mobil terlibat kecelakaan beruntun di Tol Kanci

LINIMASA: Daftar Kecelakaan Arus Mudik 2018  IDN Times/Sukma Shakti

Tiga kendaraan terlibat tabrakan beruntun di Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jawa Barat, Kamis (14/6). Insiden ini terjadi di Km 247 menyebabkan kemacetan cukup panjang.

Namun tidak ada korban jiwa dalam tabrakan beruntun ini. Setelah tiga mobil yang terlibat tabrakan beruntun itu dievakuasi, lalu lintas kembali lancar.

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya