Sempat Trending #BPJSJemputBola Ramaikan Sosial Media, Ada Apa?

Tagar #BPJSJemputbola sempat meramaikan jagat media sosial

Jakarta,  IDN Times – Tagar #BPJSJemputbola sempat meramaikan jagat media sosial siang tadi. Dari unggahan informasi akun twitter resmi BPJS Kesehatan, BPJS Kesehatan tengah mengoptimalkan akses pelayanannya melalui program Mobile Customer Service (MCS). Kepala Humas BPJS Kesehatan, M. Iqbal Anas Ma’ruf membenarkan hal tersebut.

“Kami meningkatkan pelayanan MCS, petugas BPJS Kesehatan membuka layanan administrasi kepesertaan keliling dengan mobil. Setiap hari teman-teman di Kantor Cabang memiliki jadwal melakukan pelayanan di tempat-tempat umum seperti kantor kelurahan atau kecamatan, pasar atau pusat keramaian. Di MCS kami juga membuka akses bagi masyarakat yang mau melakukan perubahan kelas rawat,” kata Iqbal.

Iqbal melanjutkan, MCS dapat melayani seluruh administrasi kepesertaan BPJS Kesehatan. Mulai dari pendaftaran peserta baru, pencetakan kartu peserta, perubahan data kepesertaan seperti pindah fasilitas kesehatan, perubahan kelas perawatan, penambahan anggota keluarga, pemberian informasi dan pengaduan.

Lebih jauh Iqbal juga menjelaskan, terhitung 9 Desember 2019 sampai dengan 30 April 2020 peserta mandiri yang ingin turun kelas rawatan bisa dilakukan, tanpa perlu syarat sudah berada di kelas yang lama selama 1 tahun. Dalam aturan sebelumnya, syarat turun kelas bagi peserta mandiri adalah 1 tahun.

“Dalam kurun waktu tersebut, peserta juga diperbolehkan turun dua tingkat dari kelas perawatan yang lama, dan seluruh anggota keluraga dalam 1 KK yang terdaftar peserta mandiri juga mengikuti kelas rawatan yang sama. Tapi ingat dalam periode tersebut, hanya boleh 1 kali mengubah kelas perawatan. Masyarakat bisa gunakan salah satunya kanal MCS atau kanal pelayanan lain, ” kata Iqbal.

Respon warganet terhadap program inipun beragam. Seperti akun @AldyTigor yang memberikan apresiasi terhadap komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan. “Awalnya saya pikir mereka cuma formalitas aja, ternyata pelayanannya sama kaya di kantor, sama sama ramah, lengkap, dan informatif, salut. #bpjsjemputbola,” tulisnya.

Hal senada juga ditulis oleh akun @dollyysk. “Wah ini, lagi di layanin nih ibunya oleh tim MCS. Enak ya, ga antri, dekat dengan rumah, ga perlu keluar banyak ongkos ke Kantor BPJS Kesehatan. Makasihloh mas nya, udh mau mampir ke Tempat ibu nya. #BPJSJemputBola #TerimakasihBPJS,” katanya.

Baca Juga: BPJS Beri Santunan Rp 456 Juta Rupiah untuk Ahli Waris

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya