Comscore Tracker

2 Hari Jadi Trending Topic, Apa Hubungan Gundik dengan Kasus Garuda?

Warganet heboh mencuit soal #gundik, terkait apa sih?

Jakarta, IDN Times - Media sosial Twitter beberapa hari belakangan dihebohkan dengan tagar gundik. Tagar ini muncul setelah kasus penyelundupan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton di maskapai penerbangan Garuda Indonesia mencuat pekan lalu.

Buntutnya, Menteri BUMN Erick Thohir mencopot I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra dari jabatan Direktur Umum Garuda Indonesia karena terlibat dalam kasus penyelundupan itu. 

Namun, nama Ari Askhara kembali terseret perbincangan hangat warganet di media sosial. Lantas apa hubungan tagar gundik dengan kasus Garuda yang sedang heboh ini?

1. Berawal dari sebuah akun Twitter yang menguak skandal petinggi Garuda Indonesia

2 Hari Jadi Trending Topic, Apa Hubungan Gundik dengan Kasus Garuda?Twitter.com/@digeeembok

Cuitan akun Twitter @digeeembok membongkar skandal lain dari petinggi maskapai Garuda Indonesia. Awalnya akun tersebut membahas kelakuan Ari Akshara yang disebut-sebut memiliki affair dengan seorang pramugari. 

Warganet pun lantas memunculkan tagar #gundik dalam setiap tanggapan atas cuitan akun tersebut. Akun anonim tersebut juga melampirkan sejumlah foto pramugari yang disebut-sebut memiliki skandal dengan petinggi-petinggi Garuda Indonesia.

Baca Juga: Iis Dahlia Benarkan Suaminya Pilot Garuda Pembawa Harley Selundupan

2. Skandal Ari Ashkara dengan beberapa pramugari diungkap pramugari senior Garuda Indonesia

2 Hari Jadi Trending Topic, Apa Hubungan Gundik dengan Kasus Garuda?Ari Askhara, Dirut Garuda Indonesia (IDN Times/Kevin Handoko)

Pramugari Senior Maskapai Garuda Indonesia, Yosephine Ecclesia mengaku melihat ada kejanggalan saat Ari Askhara masih menjabat sebagai Dirut Garuda Indonesia. Dia heran sekelas dirut seperti Ari kerap turun mengurus urusan pelatihan para awak kabin. Selain itu Ari juga kerap meminta nomor telepon para pramugari.

Bahkan, menurut dia, Ari kerap berlaku diskriminasi terhadap awak kabin seperti bertanya pada sejumlah pramugari terkait sudah masuk kelas 777 (tripel seven) atau belum. Kelas 777 diikuti oleh para pramugari dan pramugara agar siap melayani di pesawat first class, yakni Boeing 777-300ER yang merupakan pesawat terbaik di kelasnya.

"Sekelas direksi yang sudah dicopot itu bisa keliling-keliling ke Garuda Indonesia Training Center untuk masuk ke kelas-kelas pramugari dan menanyakan, 'kamu sudah karyawan belum?' Kamu sudah sekolah triple seven belum, kamu sudah bisnis kelas belum, habis itu diminta nomor teleponnya," kata Yoshepine dalam acara Indonesia Lawyers Club tvOne dengan tema Ketika Garuda 'Diserempet' Moge, Selasa (10/12) malam.

3. Arti Gundik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

2 Hari Jadi Trending Topic, Apa Hubungan Gundik dengan Kasus Garuda?IDN Times/Arief Rahmat

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata gundik memiliki dua pengertian. Pertama, berarti istri tidak resmi atau selir. Kedua, perempuan piaraan atau bini gelap.

Istilah gundik merupakan turunan kata dari ‘pergundikan’, yang berarti ikatan hubungan di luar perkawinan antara seorang perempuan dan seorang laki-laki dengan alasan tertentu. Praktik ini sendiri cukup populer di era kolonial, dan biasanya terjadi antara tuan tanah dengan perempuan dari kalangan pribumi. 

Dari praktik pergundikan itulah, istilah seperti gundik dan juga Nyai kemudian muncul.

Baca Juga: Garuda Indonesia Punya Bos Baru 22 Januari 2020

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Wendy Novianto

Just For You