49 RT di Jakarta Masih Terendam Banjir, 5 Warga Meninggal

Jumlah pengungsi banjir sebanyak 1.722 jiwa dari 514 KK

Jakarta, IDN Times - Sejumlah wilayah di DKI Jakarta tergenang banjir pascahujan deras mengguyur Jabodetabek dan sekitarnya sejak Sabtu (20/2/2021) dini hari. Plt. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan beberapa wilayah sudah surut, sementara di Jakarta Pusat, seluruh wilayah telah kering pada Sabtu malam, pukul 21.30.

"Hingga Minggu pukul 09.00, sebagian besar wilayah telah surut. Secara keseluruhan ada 49 RT yang masih terdampak dari total 30.470 RT yang ada di Jakarta, atau sejumlah 0,161 persen," kata Sabdo dalam keterangan tertulis, Minggu (21/2/2021).

1. Jumlah pengungsi akibat banjir sebanyak 1.722 jiwa

49 RT di Jakarta Masih Terendam Banjir, 5 Warga MeninggalWarga berjalan melintasi banjir yang terjadi di kawasan Wijaya Timur, Petogogan, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi serta drainase yang buruk membuat kawasan Petogogan banjir setinggi 1,5 meter (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sabdo memaparkan, jumlah pengungsi akibat banjir sebanyak 1.722 jiwa dari 514 KK, semuanya dari wilayah Jakarta Timur.

"Masih ada 10 lokasi pengungsian yang juga disiapkan di wilayah Jakarta Timur," terang Sabdo.

Sementara, wilayah yang masih tergenang di Jakarta Barat terdapat 5 RW, terdiri dari 6 RT, dengan ketinggian air 40 - 70 cm. Di Jakarta Selatan terdapat 6 RW, terdiri dari 11 RT, dengan ketinggian air 40 - 90 cm. Di Jakarta Timur terdapat 12 RW, terdiri dari 32 RT, dengan ketinggian air 40 - 100 cm. Total pengungsi keseluruhan berada di Jakarta Timur, yaitu sejumlah 1.722 jiwa dari 514 KK.

2. Terdapat 5 korban jiwa dalam bencana banjir Jakarta

49 RT di Jakarta Masih Terendam Banjir, 5 Warga MeninggalPetugas menggendong salah seorang warga korban banjir di Jalan Jatinegara Barat, Kampung Pulo, Jakarta. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sabdo menerangkan terdapat 5 korban jiwa dalam bencana banjir Jakarta.

"Korban merupakan lansia 67 tahun berjenis kelamin laki-laki yang terkunci di dalam rumah, di Jatipadang, Jakarta Selatan. Selain itu 4 anak-anak, terdiri dari 3 anak laki- laki di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat yang hanyut terseret arus banjir saat sedang bermain, dan 1 anak perempuan usia 7 tahun yang tenggelam di Jakarta Barat," kata Sabdo.

Pagi ini, kata dia, juga telah didistribusikan makanan dan perlengkapan untuk proses pembersihan hari ini. "Sesuai instruksi Pak Gubernur, kami akan terus upayakan untuk penanganan dengan mengutamakan keselamatan jiwa," lanjut Sabdo.

3. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada

49 RT di Jakarta Masih Terendam Banjir, 5 Warga MeninggalPetugas mengevakuasi warga menggunakan perahu karet saat banjir di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang terjadi akibat curah hujan tinggi serta drainase yang buruk membuat kawasan Kemang banjir setinggi 1,5 meter (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Dia mengatakan, hingga kini jajaran Pemprov DKI Jakarta masih terus berkolaborasi dengan unsur TNI/Polri, kelurahan setempat, relawan, hingga masyarakat telah bersiaga menyiapkan seluruh potensi yang dimiliki untuk penanganan banjir dan genangan, dengan tetap mengutamakan keselamatan jiwa.

Kolaborasi lintas dinas dilakukan oleh Dinas Sumber Daya Air, Disgulkarmat, Dinas Lingkungan Hidup, hingga PPSU kelurahan agar penanganan genangan dan banjir dapat surut dalam waktu cepat, serta tidak ada korban jiwa. Selain itu juga memantau secara intensif perkembangan cuaca untuk merespon dengan cepat apa pun kondisinya, serta menggalang kekuatan dari berbagai sumber daya.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada. Jika terjadi keadaan darurat dapat menghubungi Call Center 112. Serta melaporkan jika menemukan genangan/banjir melalui aplikasi JAKI dan peta bencana, dan masyarakat diimbau untuk tetap menjalankan protokol kesehatan 3M.

Pemprov DKI Jakarta turut memanggil bagi seluruh masyarakat untuk berkolaborasi bersama meringankan pengungsi di Ibu Kota. Saat ini kebutuhan mendesak yang diperlukan berupa logistik, perahu, makanan, minuman, medic kit, family kit, matras, selimut, dan masker.

Baca Juga: Ini Titik-titik Banjir di Jakarta Hingga Minggu Pagi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya