Aktivis Perempuan Era Purnama Sari Terima SK Trimurti Award 2021

Di tengah melawan sakit kanker, Era aktif memperjuangkan HAM

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Bidang Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) Era Purnama Sari menerima penghargaan SK Trimurti Award 2021 dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI). 

Era Purnama Sari dianggap layak menerima penghargaan ini karena konsistensi, kegigihan, dan keberaniannya dalam memperjuangkan hak asasi manusia.

"Tekanan dan intimidasi juga tak menyurutkannya, yang ia tunjukkan misalnya saat membela petani Jambi yang dikriminaliasi pada tahun 2019," kata Koordinator SK Trimurti Award 2021 Evi Mariani dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (8/8/2021).

Dewan Juri SK Trimurti Award 2021 menilai Era Purnama Sari memiliki reputasi yang baik, rekam jejak yang kuat dalam advokasi hak asasi manusia. Semangat dan keberaniannya, juga bisa dikategorikan lebih dari rata-rata.

Saat mengadvokasi masyarakat, Era sedang menderita penyakit kanker yang tidak menyurutkan semangatnya untuk terlibat dalam sejumlah advokasi. Penghargaan itu diharapkan menginspirasi yang lain untuk memiliki semangat luar biasa dan tak kenal takut dalam memperjuangkan nilai-nilai kemanusiaan.

1. Penyakit kanker tak menyurutkan semangat Era menyuarakan perlindungan perempuan

Aktivis Perempuan Era Purnama Sari Terima SK Trimurti Award 2021Ilustrasi korban kekerasan (IDN Times/Arief Rahmat)

Era merupakan aktivis perempuan kelahiran 3 Mei 1987 yang memiliki rekam jejak panjang dalam advokasi isu hak asasi manusia (HAM). Penyakit kanker tidak menyurutkan semangatnya untuk terlibat dalam advokasi soal kebebasan berekspresi dan menyuarakan perlindungan perempuan melalui kampanye pengesahan Rancangan Undang Undang Penghapusan Kekerasan Seksual.

Pertimbangan tersebut membuat juri memilihnya sebagai pemenang penghargaan dari AJI yang dimaksudkan untuk mengenang legenda jurnalis dan aktivis perempuan SK Trimurti.

Baca Juga: Laporkan Aktivis ke Polisi, KPK Era Firli Bahuri Dinilai Otoriter

2. Ada 21 nominasi SK Trimurti Award 2021 yang masuk ke panitia

Aktivis Perempuan Era Purnama Sari Terima SK Trimurti Award 2021SK Trimurti (Wikipedia.org/Buku "Kabinet Sjarifoeddin" Kedaulatan Rakyat. 12 July 1947)

Dewan Juri SK Trimurti Award 2021 terdiri dari Abdul Manan sebagai Ketua Majelis Etik Nasional AJI Indonesia, Ni Nengah Budawati dari pendiri LBH Bali Women Crisis Centre, dan Siti Mazuma sebagai Direktur LBH Apik Jakarta.

Penghargaan itu diberikan melalui proses yang panjang, mulai dari pencalonan yang disampaikan oleh anggota AJI dan publik sejak Juli lalu. Sampai akhir Juli, ada 21 nominasi yang masuk ke panitia.

Panitia dan Dewan Juri kemudian melakukan pengecekan terhadap rekam jejak dan integritas calon yang diajukan, menguji karya atau tindakan yang dilakukan, serta menakar risiko yang dihadapi atas aktivitasnya tersebut. Akumulasi dari informasi itulah yang menjadi pertimbangan Dewan Juri dalam memilih pemenang penghargaan tersebut.

3. Sejarah singkat SK Trimurti Award

Aktivis Perempuan Era Purnama Sari Terima SK Trimurti Award 2021Logo Aliansi Jurnalis Independen (AJI) (aji.or.id)

SK Trimurti Award digagas AJI sejak 2008. Anugerah ini diberikan khusus kepada perempuan yang menunjukkan dedikasi perjuangannya terhadap isu hak asasi manusi, demokrasi, termasuk kebebasan berekspresi.

Pemberian penghargaan ini merupakan bagian dari bentuk penghormatan terhadap perjuangan perempuan dan mendorong kesetaraan gender, termasuk di media. Anugerah ini sekaligus untuk mengenang pahlawan nasional perempuan yang juga jurnalis perempuan ternama, Soerastri Karma (SK) Trimurti.

Baca Juga: Mengenang Huzaemah Tahido, Pakar Hukum Islam dan Aktivis Perempuan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya