Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali Dibuka

Abu vulkanik semakin menipis, kondisi udara dianggap aman.

Jakarta, IDN Times - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai kembali dibuka hari ini, Jumat (29/6), pukul 14.30 WITA. Pembukaan bandara paska ditutup sejak dini hari tadi atas dasar sebaran abu vulkanik Gunung Agung, Bali yang semakin menipis, sehingga kondisi ini dianggap aman.

1. Kondisi udara dianggap aman

Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali DibukaANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Sigit Widodo menyatakan, sejumlah penerbangan dari Cengkareng menuju Bali maupun sebaliknya sudah dapat dilakukan.

"Berdasarkan rapat evaluasi terhadap dampak vulkanik akibat erupsi Gunung Agung di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai Bali telah menunjukkan kondisi yang semakin baik di atas wilayah udara bandara, maka diputuskan bahwa Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai kembali dibuka untuk operasional pada pukul 14.30 WITA pada hari ini tanggal 29 Juni 2018," kata Sigit saat dihubungi IDN Times.

2. Pembukaan bandara diumumkan lewat media sosial  

Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali DibukaInstagram @ngurahraiairport

Pembukaan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, juga diumumkan melalui akun resmi Instagram mereka. Dalam unggahannya, mereka menyebut bandara akan beroperasi normal kembali tepat pukul 14.30 WITA.

"I Gusti Ngurah Rai International Airport is reopen on June, 29th at 14.30 LT (local time). The operational should be back to normal soon. Please stay update for further information," demikian keterangan yang ditulis @ngurahraiairport.

3. BNPB mengkonfirmasi keamanan udara Bali

Bandara I Gusti Ngurah Rai Kembali DibukaANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sebaran abu vulkanik Gunung Agung yang mengarah ke barat semakin menipis.

"Sebaran abu vulkanik makin tipis mengarah ke barat. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Denpasar Bali DIBUKA KEMBALI pada 29/6/2018 pukul 14.30 WITA. Bali aman dan nyaman," tulis Sutopo dalam akun Twitter-nya.

Diketahui, sebanyak 276 penerbangan dengan 15.791 penumpang dari dan ke Bandara Internasional Ngurah Rai Bali dibatalkan. Hal ini menyusul hujan abu Gunung Agung yang berlangsung sejak tadi malam.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I, Israwadi mengatakan, dari 276 penerbangan ini terdiri dari 191 penerbangan domestik dan 85 penerbangan internasional.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya