Banjir Kepung Empat Kecamatan di Jakarta Timur akibat Hujan Deras

Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta Selasa sore

Jakarta, IDN Times - Banjir melanda empat kecamatan yang berada di wilayah Jakarta Timur akibat hujan deras yang mengguyur pada Selasa (5/4/2022) sore.

Kepala Seksi (Kasi) Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman mengatakan, empat kecamatan yang dilanda banjir, yakni Cipayung, Duren Sawit, Makasar dan Cakung. Ketinggian air berkisar 60-130 cm.

"Di Jalan SMP 135, Kelurahan Pondok Bambu ketinggian air dilaporkan 130 sentimeter. Banjir karena hujan deras," kata Gatot Sulaeman di Jakarta, dikutip dari ANTARA, Rabu (6/4/2022).

1. Kerahkan mobil quick rescue untuk sedot banjir di sejumlah wilayah

Banjir Kepung Empat Kecamatan di Jakarta Timur akibat Hujan Deras[Ilustrasi] Seorang ibu berdiri di depan rumahnya yang terendam banjir di kawasan permukiman Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/10/2020). Banjir tersebut terjadi akibat meluapnya Kali Krukut. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Gatot menambahkan banjir juga terjadi di Komplek Jakarta Garden City (JGC), Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, dengan tinggi air dilaporkan mencapai 60 sentimeter.

Sementara itu, Jalan Al Umar RT 04, RT 5/RW 12, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, ketinggian air dilaporkan mencapai 55 sentimeter.

"Di masing-masing tempat kita kerahkan unit mobil 'quick rescue' untuk melakukan penyedotan debit air. Tujuannya agar banjir lebih cepat surut," ujar Gatot

Baca Juga: Bekasi Diguyur Hujan Deras, 11 Titik Terendam Banjir

2. Enam mobil quick rescue dikerahkan untuk menyedot luapan Kali Sunter dari permukiman warga

Banjir Kepung Empat Kecamatan di Jakarta Timur akibat Hujan DerasANTARA FOTO/Galih Pradipta

Gatot mengatakan, pihaknya mengerahkan mobil "quick rescue" paling banyak di RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, yang ketinggian airnya mencapai satu meter.

Total ada enam unit mobil "quick rescue" berikut 25 personel dikerahkan untuk menyedot debit air luapan Kali Sunter dari permukiman warga RW 04 Kelurahan Cipinang Melayu.

"Untuk di Cipinang Melayu debit air kita sedot lalu buang ke aliran Kalimalang. Penyedotan di masing-masing titik permukiman warga masih berlangsung," tutur Gatot.

3. Beberapa ruas jalan tol juga digenangi banjir

Banjir Kepung Empat Kecamatan di Jakarta Timur akibat Hujan DerasGenangan di terowongan tol dalam kota (IDN Times/Muhammad Athif Aiman)

Sebelumnya, hampir seluruh wilayah DKI Jakarta diguyur hujan deras disertai petir pada Selasa sore. Akibat hujan deras itu, muncul genangan di sejumlah jalan di Jakarta saat jam macet.

Dilansir dari akun Twitter TMC Polda Metro Jaya, Selasa (5/4/2022), muncul genangan air di kolong Tol Meruya Selatan, Jakarta Barat sekitar pukul 16.45 WIB. Sejumlah pengendara diminta hati-hati.

Selain itu, TMC Polda Metro Jaya juga melaporkan ada genangan di Tol JORR KM 44 Jati Asih pada pukul 17.19 WIB. Genangan berada di arah menuju Simpang Cikunir.

Kondisi lalu lintas di Tol JORR KM 44 Jati Asih juga terpantau padat.

Kemudian pada pukul 17.32 WIB, terdapat genangan air di traffic light Halim Baru arah Pancoran. Meski demikian, kendaraan sepeda motor dan mobil masih bisa melintas.

Baca Juga: Jakarta Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Ruas Jalan Tergenang Banjir

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya