Basarnas Temukan Dua Benda Diduga Black Box Sriwijaya Air SJY 182 

Dua benda tersebut memancarkan sinyal emergency #SJY182

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito mengatakan timnya menemukan sejumlah potongan yang diduga berasal dari bodi pesawat Sriwijaya Air SJY 182 yang hilang kontak dan diduga jatuh pada Sabtu, 9 Januari 2021. Selain itu, Basarnas juga menemukan sinyal kontak emergency diduga berasal dari black box atau kotak hitam dari pesawat rute Jakarta tujuan Pontianak tersebut.

"Mungkin nanti akan dijelaskan dalam gambar, ada warna kuning, biru, dimungkinkan bagian dari pesawat yang ditemukan di kedalaman 23 meter. Kami ngobrol sama Kadis Hidro ditemukan sinyal kontak dari dua titik, kita harapkan itu black box tapi kami sedang dalami," kata Bagus dikutip dari wawancara langsung di TvOne, Minggu (10/1/2021).

Bagus menampik bahwa benda yang ditemukan di dekat lokasi temuan serpihan bodi pesawat itu telah dinyatakan sebagai black box. Meskipun dua benda tersebut memancarkan sinyal darurat.

"Kita tidak katakan itu black box, tapi dua benda itu terlihat sinyal emergency. Untuk menemukannya masih perlu diselami, itu KNKT yang bisa jelaskan," ungkapnya.

Bagus mengatakan, hingga saat ini cuaca masih cukup baik sehingga operasi pencarian masih berlangsung.

"Alhamdulillah cukup bagus, mungkin kendalanya lumpur di bawah di dasarnya. Mohon doanya," ucap dia.

Baca Juga: [BREAKING] Basarnas Terima Serpihan Pesawat Diduga Milik Sriwijaya Air

https://www.youtube.com/embed/WRSkrPpQFx4

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya