Begini Kronologi Penolakan Neno Warisman di Pekanbaru

Dalam video rekaman tampak terjadi keributan.

Jakarta, IDN Times - Aktivis #2019GantiPresiden, Neno Warisman kembali diadang massa saat akan melakukan deklarasi gerakan tersebut. Setelah bulan lalu hal yang sama terjadi di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu kemarin (25/8) Neno diadang massa di Pekanbaru, Riau. 

Neno datang ke Pekanbaru untuk mengikuti gelaran deklarasi #2019Ganti Presiden yang digelar di sana pada Minggu (26/8). 

Neno tiba di bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru pada Sabtu petang dengan menggunakan penerbangan Batik Air dari bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Namun, seperti yang dialaminya di Batam, Neno pun tak bisa keluar dari lingkungan bandara Pekanbaru.  

Ia tertahan di dalam mobil yang akan membawanya keluar dari bandara selama berjam-jam. 

Berikut kronologi pengadangan massa terhadap Neno Warisman di Pekanbaru, Riau. 

1. Jelaskan kronologi lewat video

Begini Kronologi Penolakan Neno Warisman di Pekanbaru(Massa mengadang aktivis #2019gantipresiden Neno Warisman di Pekanbaru, Riau) ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Neno menjelaskan kronologi pengadangan versi dirinya lewat rekaman video, yang juga disebarluaskan oleh Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon di akun Twitternya. 

"Izinkan saya menceritakan dari awal, bagaimana kami datang dan kemudian beberapa aparat meminta kepada kami terutama saya untuk masuk ke ruangan yang mereka inginkan. Tetapi karena saya memang tujuan kita semuanya adalah melakukan hal yang baik dan tidak ada yang perlu dibicarakan. Saya memang terus berjalan ke arah mobil dr Dian Tabrani yang telah disediakan," tutur Neno dalam video yang dicuitkan Fadli lewat akun Twitter-nya pada Sabtu malam (25/8). 

"Dan saya masuk ke dalam mobil sampai kemudian di ujung di pengujung atau batas antara jalan dengan bandara itu ada gerbang yang dipenuhi aparat dan banyak sekali wartawan," imbuhnya. 

2. Dipaksa kembali ke bandara

Begini Kronologi Penolakan Neno Warisman di PekanbaruIDN Times/Irfan Fathurohman

Neno mengaku dipaksa kembali ke bandara, namun desakan itu tak dipenuhi. Ia bersama penjemputnya di Pekanbaru itu pun memilih bertahan di dalam mobil hingga matahari terbenam dan malam makin larut. 

Akhirnya, mobil yang membawa Neno diarahkan putar balik ke dalam bandara. Dalam video tersebut, terdengar di sekeliling Neno seperti suara mesin pesawat yang menyala. 

"Saya dipaksa pulang naik pesawat. Oh begitu, mau dipaksa pulang mau dibawa ke sini," ujar Neno. 

Baca Juga: Diadang Massa di Pekanbaru, Neno Warisman Dipulangkan ke Jakarta

3. Keributan terjadi

Begini Kronologi Penolakan Neno Warisman di PekanbaruInstagram/nenowarismanofficial

Beberapa saat kemudian, tampak keributan saling tarik menarik antara pihak yang mendampingi Neno di Pekanbaru dengan seorang sosok berpakaian batik. Dari celotehan sejumlah orang yang berada di dalam mobil Neno itu menyebutkan jabatan Kepala BIN Daerah (Kabinda).  

Neno pun meminta kepada salah satu pendampingnya untuk menjaga tas agar tak diambil atau disandera. 

Diketahui, ini bukan kali pertama kehadiran Neno ditolak saat hendak mengikuti kegiatan deklarasi #2019GantiPresiden. Sebelumnya pada 28 Juli lalu, Neno bersama rombongannya juga diadang massa saat akan menggelar deklarasi tersebut di Batam, Kepulauan Riau. 

Kala itu, Neno diadang massa yang menolak kedatangannya di luar Bandara Hang Nadim, Batam. Neno yang tiba di bandara tersebut sekitar pukul 17.00 WIB pun tertahan di sana sebelum akhirnya bisa keluar dari bandara setelah tengah malam.

Baca Juga: Massa Aksi Deklarasi Ganti Presiden Bisa Capai 10 Ribu Orang

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya