BNPB: Kota Bekasi Wilayah Terparah di Jabodetabek yang Dilanda Banjir

Ada 53 titik banjir, disusul Jakarta Selatan 39 titik

Jakarta, IDN Times - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Kota Bekasi merupakan wilayah terparah di Jabodetabek yang dilanda bencana banjir awal tahun 2020. Data BNPB menyebut, terdapat 53 titik lokasi banjir di Kota Bekasi.

"Titik banjir terbanyak berada di Provinsi Jawa Barat 97 titik, DKI Jakarta 63 titik dan Banten 9 titik," ujar Kepala Humas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu (1/1) malam.

Pada 97 titik banjir di Jawa Barat, rinciannya yaitu Kabupaten Bekasi 32 titik, Kota Bekasi 53 titik dan Kabupaten Bogor 12 titik.

Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa wilayah yang paling terdampak banjir adalah Kota Bekasi (53), Jakarta Selatan (39), Kabupaten Bekasi (32) dan Jakarta Timur (13).

"Kedalaman banjir tertinggi sebesar 2,5 meter terjadi di Perum Beta Lestari, Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi. Sedang genangan dengan kedalaman 1-2 meter terdapat 49 titik," ujar Agus.

Sementara, di Provinsi Banten terdapat 9 titik banjir dengan rincian 3 titik di Kota Tangerang dan 6 titik banjir Tangerang Selatan.

Lalu, di wilayah DKI Jakarta, BNPB mencatat titik banjir mencapai 63 titik dengan rincian Jakarta Barat 7 titik, Jakarta Pusat 2 titik, Jakarta Selatan 39 titik, Jakarta Timur 13 titik, dan Jakarta Utara 2 titik.

Baca Juga: Mencapai 2 Meter, 70 Persen Kota Bekasi Terendam Banjir

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya