Boeing 737 Max 8 Jatuh Lagi, Garuda Lakukan Inspeksi Ekstra

Ethiopian Airlines yang jatuh hari ini juga gunakan Boeing

Jakarta, IDN Times - Pesawat Ethiopian Airlines tujuan Nairobi jatuh di dekat kota Bishoftu, 62 Km tenggara ibu kota Addis Ababa, pada Minggu (10/3) waktu setempat. Jenis pesawat nahas tersebut merupakan Boeing 737 MAX 8, sama seperti pesawat Lion Air PK-LQP tujuan Pangkalpinang yang jatuh pada Oktober 2018.

Di Indonesia, bukan hanya maskapai Lion Air yang menggunakan pesawat Boeing tipe terbaru ini. Garuda Indonesia juga memiliki pesawat sejenis.

Hingga saat ini baru ada satu armada yang didatangkan dari 50 pesawat yang telah dipesan Garuda Indonesia.

Bagaimana Garuda Indonesia menyikapi hal ini pascakecelakaan pesawat Ethiopian Airlines?

1. Garuda Indonesia lakukan inspeksi ekstra

Boeing 737 Max 8 Jatuh Lagi, Garuda Lakukan Inspeksi EkstraIDN Times / Helmi Shemi

Direktur Utama Garuda Indonesia, IGN Ari Askhara mengatakan, pascakecelakaan pesawat Ethiopian Airlines, sebagai maskapai yang mengoperasikan Boeing 737MAX 8, pihaknya terus melakukan prosedur inspeksi ekstra terhadap beberapa sistem yang diduga menjadi penyebab kecelakaan.

"Pertama, airspeed dan altitude system; kedua, flight control system; tiga, stall management system. Semua dengan hasil baik (No Fault Found)," ujar Ari kepada IDN Times.

2. Garuda Indonesia langsung berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan

Boeing 737 Max 8 Jatuh Lagi, Garuda Lakukan Inspeksi EkstraANTARA FOTO/Prasetyo Utomo

Selain melakukan inspeksi ekstra, kata Ari, Garuda Indonesia juga langsung berkoordinasi dengan Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kementerian Perhubungan untuk tindakan preventif selanjutnya.

"Data total jam terbang dan cycle Boeing 737 MAX 8 yang dioperasikan Garuda Indonesia hingga tanggal 9 Maret 2019 adalah 3087,88 Hours
Cycle 1501," ungkap Ari.

Baca Juga: Ini Spesifikasi Lion Air Boeing 737 MAX 8 yang Jatuh

3. Boeing 737 MAX 8 dioperasikan sejak awal tahun 2018

Boeing 737 Max 8 Jatuh Lagi, Garuda Lakukan Inspeksi EkstraANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Maskapai Garuda Indonesia telah menerima kedatangan satu armada Boeing 737 MAX 8 sejak 26 Desember 2017. Pesawat tersebut sudah dioperasikan sejak 1 Januari 2018. Saat itu Garuda Indonesia masih dipimpin oleh dirut sebelumnya, Pahala N Mansury.

Boeing 737 MAX 8 yang digunakan Garuda melayani rute Jakarta-Surabaya dan sebaliknya. Hingga saat ini baru ada satu armada yang didatangkan dari 50 pesawat yang telah dipesan Garuda Indonesia.

Nantinya akan menggantikan armada Boeing 737-800 NG yang akan habis masa sewanya dan akan melayani rute-rute penerbangan short haul dan medium haul baik untuk rute domestik maupun internasional.

4. Pesawat Ethiopian Airlines jatuh enam menit usai mengudara

Boeing 737 Max 8 Jatuh Lagi, Garuda Lakukan Inspeksi Ekstra(Ilustrasi pesawat Ethiopian Airlines) ANTARA FOTO/M N Kanwa

Pesawat Ethiopian Airlines dengan rute Addis Ababa ke Nairobi, Kenya, jatuh pada Minggu (10/3). Stasiun berita BBC edisi hari ini menulis pesawat jatuh enam menit usai mengudara.

Peristiwa tragis itu terjadi pukul 08.44 waktu setempat. Konfirmasi soal jatuhnya pesawat juga sudah disampaikan oleh Perdana Menteri Abiy Ahmed.

Menurut informasi, penumpang di pesawat itu berasal dari 33 negara. Pesawat tersebut merupakan Boeing 737 Max-8. Pesawat itu termasuk baru dan diluncurkan pada 2016 lalu.

Maskapai Ethiopia belum setahun menggunakan pesawat itu, tepatnya sejak Juli 2018 lalu.

Baca Juga: [BREAKING]Pesawat Ethiopian Airlines Jatuh, 149 Penumpang Diduga Tewas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya