Comscore Tracker

[BREAKING] Kartunis Pencipta Panji Koming Meninggal Dunia

Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, selamat jalan Dwi Koen..

Jakarta, IDN Times - Pencipta kartun 'Panji Koming', Dwi Koendoro meninggal dunia, Kamis (22/8) pada pukul 03.14 WIB. Dwi Koen dikabarkan mengembuskan napas terakhir di RS Premier Bintaro.

Jenazah disemayamkan di Bintaro Jaya Sektor 4, Jl. Cucur Barat 5 blok F3/10. 

"Jenazah akan disemayamkan di rumah duka," tulis akun Twitter Harian Kompas.

Panji Koming adalah strip komik ciptaan kartunis Dwi Koendoro yang secara berkala diterbitkan di surat kabar Kompas edisi Minggu sejak 14 Oktober 1979. Nama komik ini berasal dari nama tokoh utamanya, Panji Koming, yang hidup pada masa Kerajaan Majapahit.

Selain singkatan 'Kompas Minggu', Koming juga berarti 'bingung' atau 'gila'. Meskipun mengambil setting masa lalu kasus yang diangkat sering kali dikaitkan dengan hal-hal aktual yang terjadi di Indonesia masa kini, terutama masa orde baru dan sesudahnya.

Strip komik ini ditulis oleh Dwi Koendoro, meskipun kadang-kadang dikerjakan oleh putranya. Strip komik ini diciptakan oleh Dwi Koendoro atas saran kartunis G.M. Sudharta.

Tokoh Panji Koming adalah seorang pemuda kelas menengah bawah yang memiliki karakter lugu dan agak peragu. Ia memiliki pacar yang bernama Ni Woro Ciblon yang cantik, pendiam dan sabar. Dalam kehidupan sehari-hari, Panji Koming memiliki kawan setia bernama Pailul yang agak konyol namun lebih terbuka dan berani bertindak. Kekasih Pailul adalah Ni Dyah Gembili, perempuan gemuk yang selalu bicara terus terang.

Baca Juga: Arswendo Atmowiloto Tutup Usia, Ini Karyanya yang Patut Dikenang

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You