Buah Kesabaran Bertani Sawit, Laoden Akhirnya Tunaikan Ibadah Haji

Delapan tahun menabung dan bersabar untuk bisa ke tanah suci

Jakarta, IDN Times - Laoden Landek bin Sartana akhirnya berkesempatan menjejakkan kaki ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan ibadah haji yang semula tak pernah dibayangkannya. Pria 45 tahun asal Kabupaten Labuhan Batu Selatan,  Sumatera Utara ini sehari-hari bekerja sebagai petani di kebun kelapa sawit.

Delapan tahun menabung akhirnya Laoden bisa menunaikan ibadah haji ke Mekkah, dia tergabung dalam Kelompok Terbang 15 Embarkasi Medan.

"Selama delapan tahun saya menyisihkan sebagian pendapatan dari menjual buah sawit agar bisa berangkat ke Mekkah," kata Laoden, di Asrama Haji Medan, seperti dikutip dari Antara, Minggu (28/7).

1. Buah kesabaran Laoden berdagang buah sawit

Buah Kesabaran Bertani Sawit, Laoden Akhirnya Tunaikan Ibadah HajiKebun sawit (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Laoden bersyukur, niat baik untuk bisa menunaikan ibadah haji yang selama ini dicita-citakan akhirnya dapat terkabul.

"Ini berkat Allah Yang Maha Besar, mengizinkan saya beribadah haji ke Tanah Suci," katanya.

Laoden menjelaskan, ongkos naik haji tersebut, diperoleh dari menabung dan juga berkat kesabarannya selama ini.

"Saya bertekad bisa mendapatkan haji yang mabrur," katanya.

2. 8.641 orang calon haji asal Sumut berangkat ke tanah suci pada 2019

Buah Kesabaran Bertani Sawit, Laoden Akhirnya Tunaikan Ibadah HajiDok. IDN Times/Istimewa

Sebanyak 389 orang calon haji Kloter 15 Embarkasi Medan, Provinsi Sumatera Utara, berangkat ke Mekkah melalui Bandara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang, Sabtu sekitar pukul 21.00 WIB.

Hadir pada acara tersebut, Kepala Kanwil Kemenag Sumut H Iwan Zulhami. Data di Panitia Pemberangkatan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Medan mencatat 8.641 orang calon haji asal Sumut berangkat ke tanah suci pada 2019.

Baca Juga: Bukan Rp35 Juta, Ini Jumlah Biaya Ibadah Haji Sebenarnya

3. Sebanyak 128.793 jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Suci

Buah Kesabaran Bertani Sawit, Laoden Akhirnya Tunaikan Ibadah HajiKemenag.go.id/Bahauddin/MCH 2019

Sebanyak 128.793 jemaah haji Indonesia telah tiba di Tanah Suci Mekkah. Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) per 26 Juli 2019 pukul 19.00 WAS, jemaah yang telah tiba tergabung dalam 319 kelompok terbang (kloter) yang berasal dari 13 embarkasi di Indonesia.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi Daerah Kerja Mekkah Nurhanudin, 319 kloter tersebut terdiri dari 191 kloter jemaah gelombang I  yang diberangkatkan dari Madinah ke Makkah dan 128 kloter jemaah gelombang II yang diberangkatkan dari Jeddah ke Mekkah. 

“Bila kita lihat dari data kedatangan, hingga hari ini ada tiga embarkasi dengan jumlah jemaah terbesar yang telah tiba di kota Mekkah,” ujar Nurhanudin, Jumat (26/7).

Pertama, embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) dengan 58 kloter yang membawa 23.271 jemaah. Kedua, embarkasi Solo (SOC) yang terdiri dari 57 kloter dengan 20.127 jemaah serta embarkasi Surabaya (SUB) dengan 51 kloter yang membawa 22.518 jemaah.

4. Masih tersisa sekitar 85.207 jemaah yang akan tiba di Mekkah

Buah Kesabaran Bertani Sawit, Laoden Akhirnya Tunaikan Ibadah HajiKemenag.go.id/Uud/MCH2019

Sementara, menurut Kepala Seksi Pelayanan Kedatangan dan Kepulangan (Kasie Yanpul) Daker Mekkah Julian, tersisa 210 kloter jemaah haji yang belum tiba di Mekkah.

“Saat ini baru 60 persen jemaah haji yang tiba di Mekkah. Masih tersisa sekitar 85.207 jemaah yang akan tiba di Mekkah. Dari jadwal, diperkirakan kloter terakhir akan memasuki Mekkah pada 6 Agustus mendatang,” jelas Julian.

Baca Juga: [LINIMASA] Perjalanan Haji Menuju Tanah Suci Tahun 2019

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You