Cerita Brand Lokal Bandung Kaget Sepatunya Dipesan Jokowi

Sang pemilik mengantar langsung ke Istana Bogor tengah malam

Jakarta IDN Times - Setelah jaket bomber, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo kembali mencuri perhatian publik lewat sepatu sneakers yang digunakannya saat menjamu para petinggi partai politik koalisi di Istana Bogor, Senin malam (23/7). Dalam sebuah foto, tampak Jokowi berada satu meja makan bersama enam rekan koalisinya.

Beberapa pihak menduga sepatu sneakers hitam yang digunakan Jokowi adalah merek luar negeri dengan harga selangit. Padahal, faktanya sepatu tersebut dibeli Jokowi dari sebuah brand lokal di Bandung, Jawa Barat.

Brand lokal yang mendapat kesempatan emas itu adalah NAH Project. Kepada IDN Times, Rabu (25/7), CEO NAH Project Rizky Arief Dwi Prakoso mengaku tak dikonfirmasi sebelumnya sepatu tersebut dibeli untuk orang nomor 1 di Indonesia.

Seperti apa cerita Rizky saat tahu sepatu buatannya ternyata dipakai oleh Jokowi? Berikut penuturannya.

1. Ditelepon staf Sekretariat Negara

Cerita Brand Lokal Bandung Kaget Sepatunya Dipesan JokowiDok. IDN Times

Rizky bercerita, kala itu pada Jumat (20/7) ponselnya berdering. Telepon itu ternyata datang dari salah seorang staf Sekretariat Negara bernama Teddy. Pria yang belakangan diketahui salah satu ajudan Jokowi itu mengatakan sedang mencari sepatu sneakers dari brand lokal. 

“Terus kita ceritain tuh apa aja tipe sepatu kita dan tim kita kasih katalog,” ujarnya.

Sebelumnya, Rizky tak tahu sepatu tersebut untuk siapa. “Tapi kita udah senang duluan nih. Kita disuruh kirim sepatu ke Istana Bogor, terus akhirnya karena kita juga expect, wah ini jangan-jangan bisa jadi untuk orang penting," kata Rizky saat dihubungi IDN Times.

2. Diantar pakai bus dari Bandung menuju Bogor

Cerita Brand Lokal Bandung Kaget Sepatunya Dipesan JokowiInstagram/@nah.project

Rizky mengatakan, karena mau dipakai secepatnya, maka akhirnya sepatu tersebut dia antar sendiri dari Bandung ke Istana Bogor. Sampai di lokasi sudah pukul 01.00 dini hari.

Karena tidak sembarang orang bisa masuk ke Istana Kepresidenan, maka ia pun diminta untuk menitipkan sepatu tersebut ke penjaga di pintu masuk Istana Bogor. "Ternyata, penjaga Istana sudah tahu kalau kita mau kasih sepatu itu, terus kita titipin ke staf Istana, langsung dibayar tunai," ujarnya.

Meski malam itu tak bertemu Jokowi langsung, Rizky mengaku tak kecewa.

Baca juga: Ini Harga Sepatu Jokowi saat Makan Malam bareng Parpol Koalisi

3. Sepatu itu semula dipakai Jokowi di acara We The Fest 2018

Cerita Brand Lokal Bandung Kaget Sepatunya Dipesan JokowiInstagram/@nah.project

Beberapa hari kemudian, foto-foto Jokowi mengunjungi festival musik We The Fest 2018 menjadi viral di media sosial. Pada salah satu foto tampak Jokowi mengenakan sepatu sneakers hitam dalam kesempatan itu.

Rizky melihat sepatu itu mirip dengan yang dia antarkan ke Istana Bogor beberapa hari lalu. Ya, sepatu produksi NAH Project.

"Jadi kita konfirmasi lagi ke Pak Teddy (ajudan Jokowi). Pak Teddy bilang, iya sepatu yang diantar malam-malam kemarin yang dipakai Pak Jokowi," katanya.

Saat tahu sepatunya dipakai oleh Presiden RI, Rizky dan rekan-rekannya di NAH Project langsung bersorak gembira. "Pas kita meeting langsung berhenti, kita teriak-teriak. Overall kita bangga banget dong sekelas Pak Jokowi, orang nomor satu di Indonesia menggunakan produk kita yang baru umur 10 bulan, tapi Pak Jokowi bisa lihat dari sisi kualitas," ungkapnya bangga.

Baca juga: Warga: Kali Item Mulai Gak Bau Sejak Era Jokowi

4. Sepatu UKM mampu bersaing dengan yang bermerek

Cerita Brand Lokal Bandung Kaget Sepatunya Dipesan JokowiInstagram/@nah.project

Produk-produk lokal NAH Project baru dirintis sejak Oktober 2017. Dalam kurun waktu yang belum genap setahun berbisnis, Rizky merasa bangga produknya bisa mendapatkan kesempatan masuk ke Istana Presiden.

“Kita juga berharap adanya momen seperti ini, brand lokal yang baru mulai gak menutup kemungkinan untuk buat produk sebagus dan seinovatif mungkin supaya mereka bisa stand out dan bisa di-notice juga dong,” katanya.

Rizky juga menjelaskan, pembuatan sepatu NAH project menggunakan jasa UKM dan vendor. Lokasi pembuatan sepatu NAH ada di dua tempat, yakni di Antapani, Bandung, dan Pandaan, Surabaya. Dengan harga yang relatif terjangkau, yakni Rp415 ribu-Rp450 ribu, sepatu lokal karya anak bangsa ini bisa diperkenalkan ke seluruh penjuru Tanah Air oleh Presiden Jokowi.

“Kita tentunya senang banget buat sepatu khusus untuk Pak Jokowi,” kata lulusan Institut Teknik Bandung ini.

Laporan: Masdalena Napitupulu

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya