Daftar WNI yang Diobservasi di Natuna, Asal Jawa Timur Paling Banyak

Dari DKI Jakarta ada 12 orang, akan dipulangkan Sabtu siang

Jakarta, IDN Times - Data Warga Negara Indonesia yang sedang diobservasi di Natuna, Kepulauan Riau menunjukkan jumlah paling banyak berasal dari Jawa Timur yakni 68 orang, dari total 238 WNI yang dipulangkan dari Wuhan, Tiongkok.

“Paling banyak dari Jawa Timur, 68 orang, selebihnya tidak sebanyak itu, seperti Lampung 1 dan lainnya, ada datanya,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, seperti dikutip dari Antara, Jumat (14/1).

1. Mayoritas WNI yang diobservasi di Natuna adalah mahasiswa berjenis kelamin perempuan

Daftar WNI yang Diobservasi di Natuna, Asal Jawa Timur Paling BanyakSuasana masa karantina WNI di Natuna, Kepulauan Ria. Twitter.com/KemenkesRI

Dia mengatakan sebagian besar WNI yang diobservasi di Natuna adalah mahasiswa berjenis kelamin perempuan.

“Warga yang diobservasi sebagian besar adalah mahasiswa dari 30 provinsi. Perempuan 158 orang dan laki-laki 80 orang dengan usia termuda 5 tahun dan usia tertua 64 tahun, beserta tim KBRI 5 orang, tim penjemput 24 orang, dan awak Batik Air 18 orang,” ujar Yurianto.

Baca Juga: WNI di Natuna akan Dipulangkan pada Sabtu Siang 15 Februari

2. WNI di Natuna akan dijemput dua boeing 737 dan 1 Hercules pada Sabtu 15 Februari

Daftar WNI yang Diobservasi di Natuna, Asal Jawa Timur Paling BanyakPetugas medis menyemprotkan virus disinfektan ke ratusan WNI yang baru tiba dari Wuhan. ANTARA FOTO/Kementerian Luar Negeri

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal Doni Monardo mengatakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang saat ini sedang menjalani masa observasi di Natuna akan dipulangkan pada Sabtu (15/2).

Sesuai dengan prosedur yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), masa inkubasi bagi para WNI yang datang dari Wuhan, Tiongkok, dilaksanakan selama 14 hari.

"Sesuai dengan alokasi waktu, selama 14 hari sejak diterima di Natuna, maka jatuh pada tanggal 15 Februari yang akan datang jam 12 siang. Dan rencananya akan dilepas langsung oleh Pak Kemenko hari Sabtu di Lanud Raden Sajad," kata Doni saat jumpa pers di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta, Kamis (13/2).

Sedangkan pesawat yang akan mengantarkan WNI ke Lanud Halim Perdanakusuma akan berangkat pada pukul 07.00 dari Jakarta menuju Natuna. Jumlah pesawat yang digunakan sama dengan pesawat yang menjemput WNI dari Batam ke Natuna, yakni dua boeing 737 dan 1 Hercules.

3. Data lengkap provinsi asal 238 WNI yang dievakuasi dari Tiongkok

Daftar WNI yang Diobservasi di Natuna, Asal Jawa Timur Paling BanyakRatusan WNI tiba di Bandara Wuhan Tiongkok untuk pulang ke Tanah Air. (Dok. Kemlu)

Berikut data lengkap provinsi asal 238 WNI yang dievakuasi dari Provinsi Hubei, Tiongkok:

Aceh 12 orang
Bali 2 orang
Banten 6 orang
Bengkulu 2 orang
DI. Yogyakarta 2 orang
DKI Jakarta 12 orang
Gorontalo 1 orang
Jakarta 1 orang
Jambi 5 orang
Jawa Barat 13 orang
Jawa Tengah 9 orang
Jawa Timur 68 orang
Kalimantan Barat 4 orang
Kalimantan Selatan 7 orang
Kalimantan Tengah 4 orang
Kalimantan Timur 14 orang
Kalimantan Utara 21 orang
Kepulauan Riau 2 orang
Lampung 1 orang
NTB 3 orang
Papua 6 orang
Papua Barat 8 orang
Riau 6 orang
Sulawesi Barat 2 orang
Sulawesi Selatan 17 orang
Sulawesi Tengah 2 orang
Sulawesi Tenggara 4 orang
Sumatera Barat 1 orang
Sumatera Selatan 1 orang
Sumatera Utara 2 orang.*

Baca Juga: Observasi Corona Selesai, Begini Proses Pemulangan 238 WNI di Natuna

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya