Comscore Tracker

Deretan Teror Ular Kobra Mengepung Jakarta Sepekan Terakhir

Apa penyebab maraknya temuan ular kobra di Jakarta?

Jakarta, IDN Times - Teror ular kobra merambah Jakarta. Setelah beberapa wilayah Jawa Barat seperti Depok dan Bogor marak ditemukan ular kobra di pemukiman penduduk, kini warga ibu kota yang geger dengan temuan reptil tersebut.

Pengamat satwa liar dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Dr Boedi Setiawan, MP, drh mencatat ada siklus setiap tahun saat berbagai jenis satwa liar masuk ke permukiman padat penduduk, yang disebabkan habitatnya semakin terhimpit oleh pertumbuhan pembangunan untuk kepentingan manusia.

Siklus tersebut biasanya terjadi di setiap pergantian musim pada wilayah permukiman penduduk yang berbatasan dengan hutan atau habitat satwa liar.

Berikut sejumlah peristiwa penemuan ular kobra di beberapa wilayah Jakarta yang meneror warga setempat.

1. Temuan 18 ular kobra yang bersarang di kloset rumah warga Kembangan, Jakarta Barat

Deretan Teror Ular Kobra Mengepung Jakarta Sepekan Terakhir(Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12)) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Warga Jalan Langgar RT 04/03 Joglo, Kembangan, Jakarta Barat digegerkan dengan temuan belasan ular kobra seukuran kurang lebih 20 sentimeter di kloset kamar mandi pada Minggu (15/12).

Kepala Seksi Operasional Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Barat Eko Sumarno menyebut ular tersebut bersarang di gudang bekas kolam.

"Jumlah ular kobranya sebanyak 18 ekor ada di bekas kolam, menjalar ke kloset kamar mandi warga," ujar Eko di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin (16/12).

Hera, pemilik rumah mengatakan ular kobra tersebut ditemukan suaminya saat akan ke kamar mandi.

Kamar mandi tersebut memiliki saluran perpipaan yang terhubung dengan gudang bekas kolam pabrik milik ayahnya.

Di lokasi tersebut, baik karyawan pabrik ayahnya maupun tetangga sekitar sering menemukan ular, karena tak jauh dari lahan kosong dan terdapat pohon bambu yang bersebelahan dengan kuburan. Diduga tempat tersebut menjadi sarang ular.

Namun karena kuburan yang berada dekat sarang ular tersebut baru saja direnovasi, maka ular-ular tersebut kemungkinan mencari sarang lain.

"Belum lama juga tetangga saya menemukan ular sebesar paha orang dewasa ular di kloset, kepalanya muncul di tempat buang air tersebut," ujar Hera.

Tak hanya itu, Hera mengaku menemukan anak ular air yang masuk ke dalam kamar tidurnya. Oleh karena teror ular tersebut, Hera segera melaporkan ke petugas Damkar melalui telepon dan akun Instagramnya.

Baca Juga: Temuan Belasan Ular Kobra di Kloset Gegerkan Warga Kembangan

2. Sembilan ekor ular kobra masih berusia anak bersarang di semak belakang rumah warga di Cakung

Deretan Teror Ular Kobra Mengepung Jakarta Sepekan Terakhir(Sembilan ekor anak ular kobra dievakuasi petugas Damkar Jakarta Timur dari halaman rumah warga di Cakung, Rabu (11/12)) ANTARA/HO-Damkar Jaktim/pri

Sembilan ekor ular kobra liar yang meresahkan warga di kawasan Cakung Barat, dievakuasi petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur pada Rabu (11/12) pekan lalu. 
  
"Ular kobra ini berkeliaran di halaman samping rumah warga atas nama Nyai Ocit," kata kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, di Jakarta, seperti dikutip dari Antara
  
Sembilan ekor anak ular kobra dievakuasi petugas Damkar Jakarta Timur dari halaman rumah warga di Cakung, rata-rata sepanjang 9 centimeter berwarna hitam pekat.
  
Gatot mengatakan kobra tersebut masih berusia anak yang bersarang di semak belakang rumah Ocit di Jalan Inspeksi PPD RT01/RW07 Cakung.
  
Pelapor atas nama Topik Ibrahim mengatakan ular kobra tersebut kerap muncul secara tiba-tiba di dalam rumah.
  
"Dalam rumah ini dihuni lima kepala keluarga yang terdiri atas 15 jiwa. Ular itu muncul di ruang tamu atau kebun dekat rumah," katanya.
  
Sejak laporan diterima Sudin PKP Jaktim pukul 11.55 WIB, sebanyak empat personel evakuasi diterjunkan ke lokasi. "Sekitar satu jam setelah laporan, sembilan ular kobra ini berhasil kita evakuasi dari sarangnya," kata Gatot.

3. Petugas Damkar juga mengevakuasi seekor ular jenis kobra dari dalam rumah warga di Duren Sawit

Deretan Teror Ular Kobra Mengepung Jakarta Sepekan Terakhir(Petugas dinas pemadam kebakaran melakukan evakuasi seekor ular King Kobra (Ophiophagus Hannah) saat ditemukan di kawasan permukiman warga Jakasampurna, di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (12/12)) ANTARA FOTO/Risky Andrianto

Pada Jumat (13/12) pekan lalu, petugas Damkar juga mengevakuasi seekor ular jenis kobra dari dalam rumah warga Kelurahan Malaka Jaya, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.
 
"Ular kobra ini masih anak sekitar 30 sentimeter panjangnya," kata Kepala Seksi Operasional Damkar Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, di Jakarta.
 
Ular tersebut ditemukan di dalam rumah warga di Jalan Taman Malaka 8 B Blok B 15 nomor 21 RT02 RW11 Malaka Jaya. Ular yang meresahkan penghuni rumah dilaporkan kepada Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur pukul 16.55 WIB oleh Wahyudi.
 
15 menit berselang, Gatot mengerahkan empat personel evakuasi menuju tempat kejadian.
 
"Hingga sekarang baru satu yang didapat, petugas masih mencari keberadaan induknya," kata Gatot.

Baca Juga: Anak Kobra Bermunculan, BKSDA: Gunungkidul Cocok untuk Habitat Ular

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You