Dishub DKI Pastikan Tidak Ada Kenaikan Harga Tiket Bus Kelas Ekonomi 

Namun ada kenaikan harga tiket pada bus eksekutif

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo memastikan tidak ada kenaikan harga tiket bus kelas ekonomi selama arus mudik Lebaran 2023 di terminal-terminal Ibu Kota.

"Tiket ekonomi tidak ada kenaikan tarif. Operator bisa menerapkan tiket batas atas yang kini masih di bawah, mereka main di rata-rata 50 persen," katanya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023) seperti dikutip dari ANTARA.

1. Kenaikan harga tiket berlaku pada kelas non ekonomi untuk bus eksekutif

Dishub DKI Pastikan Tidak Ada Kenaikan Harga Tiket Bus Kelas Ekonomi Ilustrasi Terminal Kampung Rambutan (IDN Times/Marisa Safitri)

Syafrin menjelaskan, memang akan ada peningkatan harga tiket non ekonomi untuk bus eksekutif. Tapi, kata dia, jika melebihi batas kenaikan maka izin trayek bisa dicabut berdasarkan aturan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
 
"Untuk non ekonomi berlaku mekanisme pasar, tapi kami juga mengimbau operator bus yang melayani bus non ekonomi tidak juga sesukanya menaikkan tarif, tetap memperhatikan kebutuhan masyarakat yang akan mudik menggunakan angkutan bus tahun ini," katanya.

Baca Juga: KAI Berikan Diskon Tiket Kereta Api 20 Persen, Cek Ketentuannya!

2. Antisipasi calo tiket dengan tiket elektronik

Dishub DKI Pastikan Tidak Ada Kenaikan Harga Tiket Bus Kelas Ekonomi IDN Times/Marisa Safitri

Syafrin mengatakan, pihak Dishub DKI juga mengantisipasi para calo tiket yang biasanya hadir di terminal-terminal saat arus mudik Lebaran. "Tentu kami bersama jajaran Kepolisian terus melakukan upaya sehingga di terminal tidak ada calo," katanya.
 
Dishub DKI telah mengantisipasi adanya calo. Salah satunya dengan mengadakan tiket elektronik, seperti di Terminal Pulo Gebang.
 
Semua sudah bisa dilaksanakan dengan tiket elektronik, baik menggunakan Jakarta Electronic Ticketing Bus atau media lain penyedia tiket daring (online).

"Itu otomatis kita harapkan mengurangi dan meminimalisir adanya calo tiket," katanya.

3. Heru meninjau kondisi sarana dan prasarana di Terminal Kampung Rambutan

Dishub DKI Pastikan Tidak Ada Kenaikan Harga Tiket Bus Kelas Ekonomi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kiri) bersama Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah) dan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo (kanan) saat mengecek uji emisi bus yang akan melakukan perjalanan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Minggu (9/4/2023). (ANTARA/Ilham Kausar)

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan berbagai persiapan untuk memastikan kelancaran dan keselamatan serta meminimalkan hambatan yang dihadapi warga Ibu Kota dalam perjalanan mudik Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah.
 
"Insya Allah kami siap untuk mengantarkan masyarakat kembali ke kampung halamannya," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di Terminal Kampung Rambutan, Minggu.
 
Heru meninjau kondisi sarana dan prasarana di terminal tersebut dalam rangka kesiapan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperlancar arus mudik.
 
Selain itu, Heru juga melihat kondisi bus yang akan mengangkut pemudik yang terlebih dahulu harus mengikuti uji berkala kendaraan bermotor melalui Unit Uji KIR Mobile di Terminal Kampung Rambutan.
 
"Nantinya ada beberapa titik untuk ditinjau lagi, seperti Terminal Pulo Gadung dan Teriminal Kalideres," katanya.

Baca Juga: Terminal Kampung Rambutan Siap Layani Penumpang Mudik Lebaran 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya