Global Shopping Festival 11.11, Alibaba Tawarkan 1 Juta Produk Baru

Festival 11.11 2019, Alibaba menargetkan 500 juta konsumen

Hangzhou, IDN Times - Alibaba Group kembali menggelar Global Shopping Festival 11.11 2019, yaitu festival belanja terbesar di dunia yang diusung oleh Alibaba, tepat 11 tahun lalu. Hitung mundur menuju festival belanja 24 jam tersibuk di dunia ini akan dilakukan pada Minggu (10/11) dini hari, pada sebuah pertunjukan gala berdurasi dua jam yang akan ditayangkan di Tiongkok dan 50 negara di dunia.

Bukan sekadar program hiburan, acara ini akan akan didukung oleh teknologi “See Now, Buy Now” dan akan diramaikan oleh berbagai produk, yang dapat langsung dipesan secara presale untuk pertama kalinya. Selain itu, Alibaba juga akan menawarkan lebih banyak jenis produk yang dari tahun-tahun sebelumnya. Produk-produk tersebut meliputi Fast-moving consumer goods (FMCG), produk elektronik, serta busana dan aksesori fashion.

1. Alibaba akan menawarkan 1 juta produk baru dengan target 500 juta konsumen

Global Shopping Festival 11.11, Alibaba Tawarkan 1 Juta Produk BaruDok. Alibaba Group

Dengan skala dan jangkauan lebih besar dari tahun sebelumnya, festival 11.11 ke-11 ini akan dihadiri oleh lebih dari 200 ribu merchant, 22 ribu di antaranya akan berasal dari 78 negara, termasuk Indonesia. Ratusan ribu merchant ini akan menawarkan pilihan produk internasional yang luas bagi para konsumen.

Tahun ini, Alibaba akan menawarkan 1 juta produk baru yang akan ditawarkan dengan target 500 juta konsumen yang akan berbelanja dalam festival belanja ini atau 100 juta lebih banyak dari tahun lalu. Alibaba juga berencana membagikan 2 miliar “angpau” digital dan menggandeng 2.000 key opinion leader untuk berpartisipasi pada sesi livestreaming di berbagai platform milik Alibaba, untuk mempromosikan produk-produk serta meningkatkan interaksi brand dengan konsumennya. Diperkirakan akan ada kupon serta promosi bernilai RMB 50 milyar dari platform dan brand yang digunakan oleh para konsumen pada festival ini.

2. Tiga fokus utama penyelenggaraan 11.11 ke-11

Global Shopping Festival 11.11, Alibaba Tawarkan 1 Juta Produk BaruDoc.Alibaba Group

Dalam konferensi pers di Shanghai, President Tmall dan Taobao, Jiang Fan mengungkapkan, ada tiga fokus utama yang mendorong penyelenggaran 11.11 ke-11 ini: “New Consumption” – untuk meningkatkan daya beli di kota-kota kecil; “New Business” – untuk upgrade Tmall menjadi Tmall Flagship Store 2.0. serta “Green Society” – untuk menjadikan 11.11 lebih ramah lingkungan.

“Kami ingin memacu permintaan konsumen dan mendukung peningkatan gaya hidup di Tiongkok dengan menghadirkan berbagai brand dan produk baru. Selain itu, kami akan mendukung para merchant di Tiongkok dan seluruh dunia untuk membangun bisnis mereka melalui inovasi produk berbasis data dan consumer insight, serta memanfaatkan personalisasi rekomendasi produk dan interaksi dengan konsumen yang berbasis konten untuk memuaskan konsumen dari berbagai kalangan,” ujar Jiang Fan.

“Karena skalanya yang besar, kami juga akan memastikan bahwa Global Shopping Festival 11.11 akan dilaksanakan dengan mengusung prinsip hijau dan ramah lingkungan,” tambahnya.

3. Alibaba tingkatkan konsumsi di kota-kota kecil

Global Shopping Festival 11.11, Alibaba Tawarkan 1 Juta Produk BaruIDN Times/yolandavania

Tiongkok mengalami peningkatan daya belanja yang demikian besar, baik di kota-kota besar maupun di kota-kota kecil. Hal ini menciptakan saluran pertumbuhan bagi Alibaba serta pemilik brand dan penjual di platformnya untuk bergerak dalam memenuhi permintaan konsumen.

Terhitung Juni 2019, terdapat 266 juta penggguna baru (pengguna aktif bulanan) Taobao sejak dua tahun terakhir. Di tahun fiskal 2019, 70 persen dari mereka berasal dari kota-kota kecil.

“Kami tidak hanya berfokus pada pertumbuhan jumlah konsumen di kota-kota kecil. Secara paralel, Alibaba juga akan mendukung digitalisasi pebisnis dan pabrik di kota-kota kecil tersebut untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kemampuan untuk berinteraksi dengan konsumen, dengan memberikan mereka akses pada analytics, teknologi Internet of Things, dan berbagai perangkat pemasaran. Hal ini akan membantu mereka meningkatkan produktivitas untuk memenuhi permintaan konsumen,” ujar Chief Marketing Officer Alibaba Group, Chris Tung.

4. Komitmen Alibaba pada lingkungan

Global Shopping Festival 11.11, Alibaba Tawarkan 1 Juta Produk Barudok.IDN Times/istimewa

President Tmall dan Taobao, Jiang Fan mengatakan, selama 10 tahun terakhir pihaknya terus memecahkan rekor GMV tahun sebelumnya, dan tahun ini, 11.11 bukan hanya soal volume dan GMV, tapi juga pembangunan yang berkelanjutan.

Oleh sebab itu, lanjutnya, Alibaba akan menyiapkan 75.000 pusat daur ulang, 40.000 diantaranya melalui Cainiao Smart Logistics Network dan 35.000 melalui para mitra kurir ekspresnya. Selain itu, Alibaba juga akan menetapkan 20 November sebagai “Hari Daur Ulang Kardus Nasional” di Tiongkok, dengan menjadikan seluruh pusat daur ulang tersebut menjadi fasilitas daur ulang permanen. Ke depannya, kardus-kardus bekas pakai yang sudah didaur ulang akan dimanfaatkan untuk pengemasan dan pembungkusan paket.

Selain itu, para konsumen akan didorong untuk melakukan daur ulang dengan insentif Green Energy Point reward dari Ant Forest.

Pada 11 November nanti, Alibaba Cloud berharap agar dapat menghemat energi sebesar 200.000 jam kilowatt di pusat data mereka, yang akan didukung oleh energi terbaharukan serta teknologi hemat-daya seperti liquid-cooled server.

5. Perayaan belanja global yang sesungguhnya

Global Shopping Festival 11.11, Alibaba Tawarkan 1 Juta Produk BaruDok. Alibaba Group

Dalam acara hitung mundur menuju festival belanja 24 jam tersibuk di dunia ini untuk kedua kalinya, Lazada akan hadir dengan fitur “shoppertainment” yaitu perpaduan antara kegiatan belanja dan hiburan. Melalui fitur ini, Lazada berharap dapat mencetak rekor jumlah merchant yang berpartisipasi dan memberikan voucher diskon bagi konsumen di enam pasarnya. India merayakan festival ini dengan menggelar UC Shopping Festival bekerjasama dengan Paytm, VMate, dan 9Apps. Sementara, Daraz, yang pada acara 11.11 tahun lalu telah mengguncang pasar retail Asia Selatan, kini kembali bersiap untuk memeriahkan Global Shopping Festival di Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Myanmar, dan Nepal.

Selain itu, AliExpress akan turut memeriahkan dengan menghadirkan merchant dari Rusia, Spanyol, dan Turki, yang untuk pada pertama kalinya akan berpartisipasi pada festival 11.11 ini.

Untuk memuaskan keinginan wisatawan Tiongkok, Fliggy juga akan hadir menawarkan lebih dari 30.000 paket perjalanan ke lebih dari 200 destinasi. Para konsumen akan mendapatkan tips dan saran dari para pakar pelancong melalui livestreaming pada saat 11.11.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya