Gunung Agung Kembali Alami Dua Kali Erupsi

Ribuan warga sekitar Gunung Agung mengungsi ke tempat aman.

Jakarta, IDN Times - Gunung Agung tercatat kembali mengalami dua kali erupsi pagi ini, Selasa (3/7). Kepala Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho memastikan Bali tetap aman pascaletusan ini.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, pada Senin pukul 21.04 Wita meletus. Gunung Agung melontarkan lava pijar hingga sejauh 1,5 kilometer.

1. Dua kali meletus pagi ini 

Gunung Agung Kembali Alami Dua Kali ErupsiIDNTimes/Fitang Adhitia

Dua kali erupsi kecil Gunung Agung menyambut di pagi hari. Sutopo menyebut letusan terjadi pada pukul 09.28 WITA dengan tinggi kolom abu 2.000 meter. Intensitas tebal condong ke arah barat. 

"Letusan kedua pada pukul 09.46 WITA setinggi 500 meter ke barat. Status Siaga. Bandara normal. Bali aman," cuit Sutopo dalam akun Twitter-nya, @Sutopo_PN.

2. Ribuan warga mengungsi 

Gunung Agung Kembali Alami Dua Kali Erupsipendaki.info

Ribuan warga Karangasem, Bali mengungsi untuk menghindari dampak aktivitas vulkanik Gunung Agung yang meletus pada Senin malam (2/7). Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem mencatat jumlah sementara warga yang mengungsi berjumlah hingga 1.156 orang.

"Jumlah pengungsi itu tercatat hingga pukul 08.00 WITA (hari ini) dan masih bisa berubah karena pergerakannya sangat dinamis," kata Kepala BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa di Amlapura, Karangasem, seperti dilansir Antara.

3. Warga mengungsi di balai desa

Gunung Agung Kembali Alami Dua Kali ErupsiANTARA FOTO/Nyoman Budhiana

Warga mengungsi di balai-balai banjar (dusun) di Kecamatan Rendang, Kecamatan Kubu, Kecamatan Selat dan Kecamatan Abang.

Sampai saat ini, menurut data BPBD, kebutuhan logistik pengungsi seperti matras dan selimut yang masih tersedia di posko induk.

Sementara kebutuhan makanan untuk pengungsi, menurut Ida Bagus Ketut Arimbawa, sudah dipenuhi oleh bagian logistik Dinas Sosial serta dapur umum oleh BPBD Karangasem, BPBD Provinsi Bali serta Dinas Sosial dan instansi lainnya.

"Kami sudah gerakkan jam 04.00 pagi tadi ke Rendang, ke Desa Ban di Kecamatan Kubu yang ada pengungsi paling banyak," kata Ida Bagus Ketut Arimbawa.

4. Erupsi strombolian

Gunung Agung Kembali Alami Dua Kali ErupsiANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Gunung Agung mengalami erupsi strombolian, melontarkan lava pijar yang didahului dengan suara ledakan keras sekitar pukul 21.04 WITA, Senin (2/7). Lontaran lava pijar itu membuat sebagian are hutan di lereng Gunung Agung terbakar.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi melaporkan ketinggian kolom abu saat erupsi itu mencapai sekitar dua kilometer dan teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya