Hari Lingkungan Hidup, 640 Kg Sampah Dikumpulkan dari Ciliwung

Susur sungai dilakukan sepanjang 6 kilometer

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya mengumpulkan 640 kilogram (kg) sampah dari Sungai Ciliwung, di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan sebagai rangkaian Hari Lingkungan Hidup.

"Saat ini Pemprov DKI juga berencana membuat saringan sampah di kawasan TB Simatupang, untuk menyaring sampah kiriman dari luar Provinsi DKI Jakarta," kata Wakil Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Sarjoko dalam Aksi Peduli Ciliwung di Jakarta, dikutip dari ANTARA, Sabtu (10/6/2023).

Menurut Sarjoko, permasalahan sampah di DKI Jakarta merupakan tanggung jawab bersama sehingga semua pihak harus ikut terlibat dalam berkontribusi.

 

1. Susur sungai dari Jembatan Ciliwung Kalibata sampai ke daerah MT. Haryono

Hari Lingkungan Hidup, 640 Kg Sampah Dikumpulkan dari CiliwungANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Adapun kegiatan Aksi Peduli Ciliwung ini diawali dengan susur sungai dari Jembatan Ciliwung Kalibata sampai ke daerah MT. Haryono dengan para peserta mengumpulkan sampah yang ada di sepanjang aliran tersebut.

Selain mengumpulkan sampah, nantinya peserta juga melakukan bersih-bersih di pinggir Sungai Ciliwung dan menerima sosialisasi tentang pentingnya menjaga ekosistem sungai.

“Kami mendukung penuh upaya bersih-bersih sungai ini sebagai bagian dari upaya adaptasi dan mitigasi menghadapi perubahan iklim,” tambah Sekretaris Kota Jakarta Selatan Ali Murthadho.

Baca Juga: Viral! Video Detik-Detik Rumah Hanyut Tergerus Luapan Sungai Ciliwung

2. 640 kg sampah dikumpulkan dari sepanjang susur sungai sejauh enam kilometer

Hari Lingkungan Hidup, 640 Kg Sampah Dikumpulkan dari CiliwungDhemas Reviyanto/ANTARA

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan mengatakan Sungai Ciliwung merupakan ikon Ibu Kota Provinsi DKI Jakarta, sayangnya seringkali dianggap sebagai penyebab banjir.

"Sebanyak 640 kg sampah berhasil dikumpulkan sepanjang susur sungai sejauh enam kilometer," ujar Doddy.

Maka dari itu, menurut dia, sudah menjadi kewajiban masyarakat untuk terus menjaga kebersihan dan kelestarian sungai tersebut.

“Semoga PLN dapat terus berkolaborasi dan bersinergi untuk mendukung terwujudnya 'Green Community' di Daerah Aliran Sungai Ciliwung dan mewujudkan Net Zero Emission 2060," katanya.

3. Bagian dari Program Coastal Clean Up Kementerian LHK

Hari Lingkungan Hidup, 640 Kg Sampah Dikumpulkan dari CiliwungIlustrasi sungai Ciliwung di Jakarta (IDN Times/Anata Syah Fitri)

Kegiatan yang diselenggarakan PLN UID Jakarta Raya ini bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta, Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), dan Komunitas Masyarakat Peduli Ciliwung (Mat Peci).

Aksi ini merupakan bagian dari Program Coastal Clean Up Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia yang serentak dilakukan di berbagai instansi di seluruh tanah air.

Pada akhir kegiatan, sejumlah 1.400 relawan juga diajak menanam 1.400 pohon yang mewakili jumlah pegawai PLN UID Jakarta Raya dan menyebarkan 2.000 benih ikan ke Sungai Ciliwung.

Kegiatan bersih-bersih sungai ini ditutup dengan penandatanganan komitmen bersama pelestarian lingkungan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian di Sungai Ciliwung Cisadane serta mendukung terwujudnya "Green Community".

Baca Juga: Heru Ungkap Kendala Pembebasan Lahan Normalisasi Ciliwung

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya