Comscore Tracker

Imbas Gempa Malang, RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Rusak Parah

Plafon di ruang perawatan pasien berjatuhan akibat gempa

Jakarta, IDN Times - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,7 yang mengguncang Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021) mengakibatkan ruang perawatan di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar, mengalami kerusakan berat.

"Ruang cempaka yang parah dan Kamar 11 yang paling parah," kata Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar dr Herya Putra, dikutip dari ANTARA.

Plafon di ruang cempaka tersebut berjatuhan, diduga akibat efek getaran gempa. Di kamar 11 ruang cempaka kondisinya lebih parah ketimbang kamar yang lainnya.

1. Pasien langsung dievakuasi pascagempa

Imbas Gempa Malang, RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Rusak ParahIlustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Saat gempa terjadi, di kamar itu terdapat tiga pasien, namun mereka hanya terkena debu dan tidak sampai terkena runtuhan atap plafon. Sementara di kamar 11 saat kejadian tidak ada pasien.

RSUD Mardi Waluyo juga sudah melakukan langkah penanganan dari kejadian tersebut. Pasien di ruangan tersebut dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

"Kami evakuasi. Pasien kami turunkan ke bawah. Kami carikan tempat yang baru. Ruangan yang belum termanfaatkan itu di ruang seruni," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Setelah Malang, Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Sulut

2. Pihak rumah sakit mendeteksi tingkat kerusakan bangunan efek gempa bumi

Imbas Gempa Malang, RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Rusak ParahAnggota TNI menunjukkan kondisi ruang rawat inap Paviliun Cempaka RSUD Mardi Waluyo yang rusak parah akibat gempa bumi di Blitar, Jawa Timur, Sabtu (19/4/2021) (ANTARA FOTO/Irfan Ashori)

Pihak rumah sakit juga melakukan pemeriksaan mendetail guna mendeteksi tingkat kerusakan. Bangunan di rumah sakit banyak menggunakan beton, sehingga harus dilakukan pemeriksaan mendetail.

"Laporan sementara hanya ruang cempaka, yang lain masih dicek, ini petugas masih keliling. Yang beton kan bahaya, tidak kelihatan retaknya. Jadi, semua harus bersih, aman," kata dia.

3. Banyak juga rumah warga yang mengalami kerusakan

Imbas Gempa Malang, RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar Rusak ParahWarga menyaksikan rumah yang rusak akibat gempa di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (10/4/2021). Gempa berkekuatan kurang lebih magnitudo (m) 6,7 yang terjadi di wilayah Kabupaten Malang tersebut menyebabkan sejumlah rumah warga rusak dan goncangan di sejumlah wilayah di Jawa Timur (ANTARA FOTO/STR/SA)

Gempa bumi dengan Magnitudo 6,7 terjadi di 82 kilometer barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur. Gempa terjadi pada Sabtu (10/4/2021) pukul 14.00 WIB. BMKG memastikan gempa tersebut tidak berpotensi terjadi gelombang tsunami.

Selain terasa dari Malang hingga Blitar, gempa bumi juga terasa hingga Kediri, dan sejumlah daerah lainnya di wilayah timur Jawa Timur.

Di Blitar, bangunan di Kota dan Kabupaten Blitar banyak yang mengalami kerusakan. Di Kabupaten Blitar, atap plafon ruang DPRD Kabupaten Blitar rontok. Selain itu, tembok bangunan juga rusak.

Selain itu, di Kantor Pemkab Blitar atap bangunan juga rontok. Banyak juga rumah warga yang mengalami kerusakan, yakni tembok bangunan ambruk dan genteng rontok.

Saat ini, BPBD Kabupaten Blitar masih mendata jumlah bangunan yang mengalami kerusakan. BPBD juga masih mendata korban jiwa karena bencana tersebut.

Baca Juga: [BREAKING] Dua Gempa Berturut-turut, Warganet Doakan Warga Malang dan Sulut

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya